5 Jenis Olahraga Ini Bisa Meningkatkan Kesehatan Otak, dari Tai Chi hingga Bersepeda

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi Kegiatan Bersepeda/Brompton

Ilustrasi Kegiatan Bersepeda/Brompton

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Berolahraga tidak hanya menawarkan beberapa manfaat yang luar biasa namun juga dapat dirasakan langsung, seperti meningkatkan suasana hati, menjernihkan pikiran, dan membuat tubuh lebih segar setelah melakukan olahraga, tetapi juga berpengaruh pada kesehatan otak dan fungsi kognitif jangka panjang. 

"Olahraga pada umumnya mungkin merupakan hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk otak kita," kata Matthew Stults-Kolehmainen, PhD, FACSM, ahli fisiologi olahraga dan peneliti olahraga di Yale New Haven Hospital. "Bahkan, beberapa peneliti berpendapat bahwa fungsi awal otak adalah untuk membantu orang bergerak."

Hubungan positif antara latihan fisik, kesehatan otak, kesehatan mental dan manajemen suasana hati, memori dan fungsi eksekutif, serta pencegahan penyakit otak degeneratif-merupakan topik penting dalam penelitian dan diskusi. 

Para peneliti dan dokter kini menggali lebih dalam untuk mengetahui seberapa banyak olahraga yang kita butuhkan dan jenis olahraga apa yang ideal untuk kesehatan otak yang optimal. Beberapa olahraga tentu saja lebih baik daripada tidak berolahraga sama sekali, tetapi strategi terbaik untuk memaksimalkan olahraga bagi kesehatan otak adalah topik yang terus berkembang.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."