6 Cara Mengatasi Pertengkaran dengan Pasangan, Pentingnya Mendengar dan Kompromi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan bertengkar. Foto: Freepik.com/Drazen Zigic

Ilustrasi pasangan bertengkar. Foto: Freepik.com/Drazen Zigic

IKLAN

4. Kompromi

Kompromi adalah komponen penting dari setiap hubungan yang sehat. Ketahuilah dan terimalah bahwa kita semua berasal dari latar belakang yang berbeda, meskipun budaya dan agama yang sama. Jadi kita mungkin menginginkan hal yang sama, tetapi tindakannya akan berbeda.

Alih-alih mencoba "memenangkan" argumen, fokuslah untuk menemukan solusi yang cocok untuk Anda berdua. Ini mungkin membutuhkan beberapa memberi dan menerima, tetapi itu akan mengarah pada hubungan yang lebih damai dan memuaskan.

Anda mungkin berkata, "Saya mengerti sudut pandang Anda, dapatkah kita bekerja sama untuk menemukan solusi yang cocok untuk kita berdua?"

5. Berempati

Empati berarti memahami dan berbagi perasaan pasangan Anda. Saat Anda melatih empati, Anda akan lebih cenderung mendekati kekhawatiran pasangan Anda dengan pengertian dan kasih sayang. Hal ini dapat membantu menyebarkan argumen potensial bahkan sebelum dimulai.

Anda bisa mengatakan sesuatu seperti, "Saya bisa mengerti mengapa Anda merasa seperti itu, dan saya di sini untuk mendukung Anda."

6. Cari Bantuan Profesional

Jika Anda berjuang untuk berhenti bertengkar dengan pasangan, mungkin sudah saatnya mencari bantuan profesional. Seorang terapis terlatih dapat memberi Anda alat dan sumber daya yang Anda butuhkan untuk berkomunikasi dengan lebih efektif dan mengatasi masalah.

Anda dapat membagikan perspektif Anda dengan mengatakan, "Saya pikir akan sangat membantu bagi kita untuk menemui terapis bersama untuk memperbaiki komunikasi dan hubungan kita."

Kesimpulannya, cara mengatasi pertengkaran pasangan melibatkan mendengarkan secara aktif, memperhatikan nada dan bahasa Anda, jeda saat situasi memans, menemukan kompromi, berempati, dan mencari bantuan profesional. 

Pilihan Editor: 7 Cara Bertengkar Sehat dengan Pasangan

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."