4 Makanan yang Harus Dihindari saat Sahur, Pedas hingga Tinggi Garam

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi sambal. Foto: Freepik.com

Ilustrasi sambal. Foto: Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada sejumlah makanan yang harus dihindari saat sahur. Mengingat sahur salah satu langkah penting untuk mempersiapkan energi menjalani badah puasa selama seharian. Apa saja yang harus dihindari? Gorengan hingga makanan pedas seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Makanan Tinggi Lemak

Ilustrasi gorengan. Shutterstock

Makanan berlemak seperti gorengan, daging, keju maupun mentega adalah jenis makanan yang dapat membuat Anda merasa kenyang dan tubuh menjadi kesulitan dalam mencerna makanan tersebut. Konsumsi makanan berlemak tinggi saat sahur dapat membuat tubuh Anda menjadi kekurangan cairan. 

2. Makanan Pedas

ilustrasi makanan pedas (pixabay.com)

Makanan pedas boleh saja Anda konsumsi, namun tidak boleh berlebihan. Dikutip dari Verywell Health, makanan yang diolah dengan bumbu pedas seperti cabai mengandung kapsaisin. Jika dikonsumsi berlebihan, kandungan tersebut dapat menyebabkan iritasi lambung atau saluran pencernaan yang berakibat diare.

Saluran pencernaan saat puasa juga bisa menjadi sensitif jika langsung mengonsumsi makanan pedas saat sahur, seperti sensasi panas dan mudah haus.

3. Makanan Tinggi Gula dan Garam

Ilustrasi makanan manis seperti cupcakes. Unsplash.com/Viktor Forgacs

Mengutip dari laman, sehatnegeriku.kemkes.go.id, menu sahur haruslah bergizi seimbang. Anda juga tidak boleh mengonsumsi makanan yang terlalu manis maupun terlalu asin, sebab keduanya bersifat menarik cairan tubuh, sehingga Anda akan lebih sering buang air kecil. Walhasil, Anda akan cepat haus selama berpuasa. 

4. Makanan Cepat Saji

Ilustrasi burger dan kentang goreng. Foto: Freepik.com/KamranAydinov

Makanan cepat saji atau fast food memiliki kandungan lemak jenuh dan kalori yang tinggi. Konsumsi fast food juga membuat tubuh Anda selama puasa menjadi kekurangan cairan. Alangkah lebih baik, Anda memperbanyak konsumsi sayur, buah, protein atau lainnya.

Pilihan Editor: Kreasi Resep Sahur Hari Ini, Capcay Sayuran dan Telur Gulung

MELINDA KUSUMA NINGRUM

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."