7 Tips Memilih Sepatu yang Tepat, Agar Kaki Tidak Nyeri dan Sakit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi sneakers (pixabay.com)

Ilustrasi sneakers (pixabay.com)

IKLAN

4. Daya Angkat

Meski trendi, sol sepatu yang benar-benar datar tdak mendukung lengkungan kaki. Ini adalah sepatu yang akan menyebabkan ketidaknyamanan yang paling besar saat dipakai. Saran kesehatan dari Universitas Michigan, Amerika Serikat, untuk para mahasiswa adalah memilih sepatu yang tepat untuk seseorang tergantung pada jenis lengkungan kakinya (lengkungan tinggi, datar, netral) dan biomekanik kaki.

Disarankan bahwa cara terbaik untuk menguji sepatu adalah dengan berjalan dan jogging selama beberapa waktu. Ataupun menyeimbangkan diri dengan satu kaki dan melakukan squat satu kaki. Tes ini akan terasa lebih mudah dengan sepatu yang tepat.

5. Sol

Sebagian besar teknologi alas kaki baru berfokus pada sepatu dan sol yang sangat lembut. Sepatu dan sol ini akan meredam rasa sakit, tetapi tidak dapat memperbaiki kondisi yang sudah ada. Pilihan yang lebih baik adalah sol dengan kepadatan yang lebih tinggi dengan penyangga lengkungan yang tinggi.

Ini mungkin terasa tidak nyaman selama beberapa hari karena kaki akan terbiasa. Namun dalam jangka panjang, akan memberikan dukungan yang lebih baik.

6. Uji Coba

Siddiqui menyarankan untuk berjalan kaki empat atau lima kali putaran (mungkin mengelilingi toko) dengan pasangan yang potensial sebelum membeli.

"(sepatu yang tepat) Seharusnya tidak ada rasa sakit dan tidak ada rasa sesak di kaki Anda. Seharusnya terasa nyaman," tuturnya seperti dikutip dari Hindustan Times, pada Kamis, 24 Maret 2023.

Jika masih sulit, berkonsultasilah dengan ahlinya dan pilihlah sepatu yang sesuai. Jika Anda perlu memakai sol ortopedi atau sol yang dirancang khusus untuk memperbaiki masalah kaki, belilah sepatu dengan sol yang dapat dilepas, dan ukurannya lebih besar untuk mengakomodasi sol yang lain, yang mungkin lebih tebal dan lebih panjang dari sol yang disertakan.

7. Berat Sepatu

Dalam kebanyakan kasus, sepatu yang ringan adalah ide yang bagus, tetapi untuk trekking dan mendaki gunung, pilihlah sepatu yang lebih berat memiliki cengkeraman lebih baik. Pesepakbola membutuhkan paku untuk mencengkeram lapangan, atlet lari paling baik dengan sepatu yang memiliki pegas di ujung kaki. Jadi, pilihlah dengan hati-hati sepatu sesuai kebutuhan.

Pilihan Editor: Intip Koleksi Sepatu Kylie Jenner, Didominasi Warna Pink dan Tak Ada Flat Shoes

WIDYA FITRIANINGSIH | HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."