3 Hal yang Dapat Menghambat Pengembangan Diri

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita karier. Shutterstock.com

Ilustrasi wanita karier. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Dalam pekerjaan, asmara maupun dalam kehidupan pribadi, tanpa disadari, kita melakukan hal yang dapat menghambat pengembangan diri. Padahal berkembang dan menjadi orang yang lebih baik adalah cita-cita setiap orang, bukan? Berikut ini psikoterapis, Emily H Sanders membagikan tiga hal yang bisa menghambat kemajuan diri sendiri.

“Tidak satu pun dari hal-hal itu “buruk”, tetapi jika itu adalah pola yang konsisten, kita mungkin perlu mencari tahu dan ingin tahu dari mana kita belajar mengatasinya. Kecenderungan ini dan bagaimana hal itu menghambat kita,” tuturnya dikutip dari laman Hindustan Times, pada Selasa, 21 Maret 2023.

Berikut tiga hal yang dapat menghambat pengembangan diri.

1. Mencari Saran dari Banyak Orang

Kita semua memiliki sumber tepercaya dan sekumpulan orang yang kita andalkan untuk meminta nasihat, bukan? Itu penting dan harus dihargai juga. Namun, saat kita mencoba mencari pendapat dari banyak orang, hal itu bisa membuat kita merasa teralihkan dan tergelincir dari perhatian dan fokus kita. Jika mengalami kecemasan, itu bisa membuat kita panik juga.

2. Berempati Terhadap Orang yang Menyakiti Anda

Memiliki empati dan bersikap baik kepada orang lain adalah hal dasar manusia dan harus dihargai. Namun, saat kita mencoba membenarkan orang dan perilaku kronis mereka yang menyakiti kita, hal itu membuat diri kita lebih rentan dan terbuka untuk disakiti. Bukan itu saja, bisa menyebabkan kerusakan emosional.

3. Mengharapkan Orang untuk Mengetahui Kebutuhan Anda

Kita semua memiliki kebutuhan dan keinginan yang tidak terucapkan yang kita harapkan dari orang lain. Namun, hubungan yang sehat didasarkan pada komunikasi yang jelas, dan tidak mengharapkan mereka membaca pikiran kita.

Pilihan Editor: Faktor Sulit Evaluasi Diri, Takut Menemukan Fakta Buruk Soal Diri Sendiri

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."