5 Ciri Pendengar yang Baik

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi teman wanita. Unsplash/Trung Thanh

Ilustrasi teman wanita. Unsplash/Trung Thanh

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mereka yang memiliki kemampuan untuk mendengarkan orang tanpa menilai atau mengkritik orang lain adalah permata sejati dalam hubungan apa pun. Faktanya, sangat jarang menemukan pendengar yang baik dapat duduk diam dan mendengarkan seseorang melampiaskan masalah dan frustrasinya. Orang-orang seperti itu sangat sabar, baik hati, dan pengertian dalam hal mengakui dan bereaksi terhadap perasaan orang lain. Berikut adalah ciri pendengar yang baik.

1. Fokus Tinggi

Memberikan perhatian penuh mereka kepada pembicara adalah ciri pendengar yang baik. Mereka tidak membiarkan gangguan menghalangi dan melakukan kontak mata dengan pembicara.

Mereka tak melakukan pekerjaan lain atau menyela percakapan saat seseorang bercerita. Mereka berkonsentrasi pada kata-kata, nada, bahasa tubuh, dan emosi pembicara untuk mendapatkan konteks pesan yang utuh.

2. Mengajukan Pertanyaan Terbuka

Pendengar yang baik mengajukan pertanyaan terbuka yang mendorong pembicara untuk menguraikan pikiran dan perasaan mereka. Mereka mengajukan pertanyaan yang membutuhkan lebih dari sekadar jawaban ya atau tidak.

Kebiasaan ini membantu mereka untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang perspektif pembicara dan menciptakan suasana kepercayaan dan keterbukaan.

3. Tidak Menghakimi

Pendengar yang baik tidak pernah menilai dan menghindari praduga atau prasangka. Mereka berpikiran terbuka dan menerima pendapat, nilai, dan keyakinan yang berbeda. Kebiasaan ini menciptakan ruang aman bagi pembicara untuk mengekspresikan diri secara bebas tanpa takut kritik atau penolakan.

4. Meringkas Pemikiran Pembicara

Pendengar yang baik memparafrasekan dan meringkas pemikiran pembicara untuk membuat mereka tahu bahwa mereka telah mendengarkannya selama ini. Mereka menggunakan kata-kata mereka sendiri untuk menyatakan kembali poin-poin penting, mengajukan pertanyaan klarifikasi, dan memberikan umpan balik. Ini mengklarifikasi semua jenis kesalahpahaman.

5. Sangat Berempati

Menempatkan diri pada posisi orang lain termasuk ciri pendengar yang baik. Mereka memvalidasi perasaan orang tersebut dan juga menawarkan dukungan. Ini membantu mereka membangun hubungan yang lebih kuat dan berempati dengan orang yang bercerita.

Pilihan Editor: Manfaat Berbincang dengan Teman untuk Kesehatan Mental, Kata Penelitian

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."