Cara Membuat Masker Tomat untuk Wajah, Bisa Dicampur Lemon

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi masker tomat. Shutterstock

Ilustrasi masker tomat. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sudah tahukah Anda, jika tomat kaya vitamin A dan padat nutrisi yang termasuk jenis makanan super. Selain untuk makanan sehat, tomat juga bermanfaat untuk kulit wajah, salah satunya ialah dibuat masker. Nah, bagaimana cara membuat masker tomat, simak ulasannya berikut ini. 

Tomat mengandung likopen yang berfungsi sebagai tabir surya alami untuk kulit Anda. Juga, antioksidan yang ada dalam buah membantu melawan kerusakan seel, mengecilkan pori-pori  menghilangkan komedo, mengurangi sifat berminyak dan memberi kulit Anda cahaya alami. 

Berikut cara membuat masker tomat yang semakin maksimal dicampur bahan alami lainnya: 

1. Tomat dan Lemon

Jika Anda ingin melakukan eksfoliasi pada kulit Anda, Anda bisa menggunakan masker wajah tomat dan lemon. Masker buatan sendiri ini akan menghilangkan cokelat dan membuat kulit Anda lebih cerah. 

Untuk membuat masker wajah ini ambil tomat matang dan haluskan hingga halus. Untuk ini tambahkan dua sendok makan jus lemon segar. Aduk rata dan oleskan ini pada wajah dan leher Anda. Setelah 20 menit bilas dengan air dingin dan keringkan kulit Anda

2. Tomat dan Kelapa

Jika Anda memiliki kulit sensitif, Anda dapat menggunakan masker wajah ini untuk mengelupas dan melembabkan kulit Anda secara bersamaan. 

Untuk membuat masker pengelupasan kulit ini, dalam blender tambahkan tomat dan 2 sendok makan susu dan aduk rata. Untuk ini tambahkan setengah cangkir kelapa parut. Campur semua bahan dengan baik dan oleskan ke seluruh wajah dan leher, eksfoliasi dengan gerakan ke atas yang lembut selama beberapa menit. 

Biarkan selama 10 menit lalu bilas. Masker ini akan bekerja sebagai exfoliasi alami dan tomat serta susu akan melembabkan kulit Anda tanpa terlalu berminyak.

3. Mentimun, Oat dan Tomat

Jika Anda ingin menghilangkan sebum berlebih, jerawat, bekas jerawat dan mengecilkan pori-pori, maka Anda bisa menggunakan masker wajah DIY ini. Ini bekerja dengan baik pada kulit berminyak. Untuk membuat masker wajah ini, dalam mangkuk tambahkan 1 sendok makan jus mentimun, 1 sendok makan jus tomat dan 1 sendok makan oat. Campur semua bahan untuk membuat pasta halus. Pijat masker ini ke kulit Anda menggunakan gerakan ke atas yang lembut selama beberapa menit dan kemudian biarkan selama 10 menit. Cuci bersih dan tepuk kulit Anda dengan handuk bersih.

4. Tomat dan Pepaya

Jika Anda memiliki kulit kombinasi, maka ini adalah masker wajah buatan sendiri yang terbaik untuk Anda. Untuk membuat masker wajah ini, Anda harus mencampurkan 8-10 pepaya potong kubus untuk membuat pasta dan kemudian menambahkan jumlah yang sama dari bubur tomat ke dalam pasta. Aduk rata dan oleskan ke seluruh kulit Anda. Setelah 15 menit, bilas dengan air hangat. Masker wajah ini akan menghilangkan noda dan menambah kilau alami pada kulit Anda.

Baca: Cara Menyimpan Tomat Matang atau Belum Matang

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika


Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."