Michelle Yeoh Raih Aktris Terbaik di Oscar 2023: Ini Mercusuar Harapan dan Kemungkinan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Aktris Terbaik Michelle Yeoh berpose dengan Piala Oscar-nya di ruang foto Academy Awards ke-95 di Hollywood, Los Angeles, California, AS, 12 Maret 2023.  REUTERS/Mike Blake

Aktris Terbaik Michelle Yeoh berpose dengan Piala Oscar-nya di ruang foto Academy Awards ke-95 di Hollywood, Los Angeles, California, AS, 12 Maret 2023. REUTERS/Mike Blake

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kabar bahagia datang dari Michelle Yeoh. Aktris kelahiran Ipoh, Malaysia, itu memenangkan kategori Aktris Terbaik dalam ajang penghargaan Academy Awards atau Oscar 2023 di Dolby Theatre, Amerika Serikat, pada Minggu malam, 12 Maret 2023. Kemenangan itu diperoleh berkat aktingnya di film Everything Everywhere All at Once.

Pencapaian manis di Oscar ini datang setelah perjalanan panjang kariernya dalam seni bela diri dan film aksi seperti Crouching Tiger Hidden Dragon dan Yes, Madam. Dalam pidato kemenangannya, aktris 60 tahun itu mengatakan bahwa ini sebuah harapan dan bukti mimpi bisa mnejadi kenyataan.

“Untuk semua anak laki-laki dan perempuan yang terlihat seperti saya menonton malam ini, ini adalah mercusuar harapan dan kemungkinan,” kata Yeoh dari atas panggung.

“Ini adalah bukti bahwa mimpi memang menjadi kenyataan. Dan wahai para perempuan, jangan biarkan siapa pun memberi tahu Anda bahwa Anda pernah melewati masa jaya Anda. Jangan pernah menyerah."

Yeoh juga mendedikasikan penghargaan tersebut untuk ibunya dan semua ibu di dunia. “Mereka benar-benar pahlawan super, dan tanpa mereka, tidak seorang pun dari kita akan berada di sini malam ini,” ujar bintang film Crazy Rich Asian itu.

Saat keluar dari panggung, Michelle Yeoh berteriak, "Terima kasih kepada Akademi - ini adalah sejarah yang sedang dibuat!"

Michelle Yeoh memenangkan kategori Aktris Terbaik di Oscar 2023 berkat film Everything Everywhere All at Once, yang diselenggarakan di Los Angeles pada Minggu malam, 12 Maret 2023. Foto: ABC News

Berperan sebagai Evelyn Quan Wang di Everywhere All at Once

Michelle Yeoh berperan sebagai Evelyn Quan Wang di film Everything Everywhere All at Once. Evelyn Quan Wang adalah seorang perempuan Cina-Amerika yang menjalankan usaha binatu dengan suaminya. Ia diaudit oleh Internal Revenue Service yang kemudian mengetahui bahwa dia harus terhubung dengan versi dirinya sendiri dari semesta paralel lain untuk mencegah makhluk yang kuat menyebabkan kehancuran multiverse.

Film drama komedi absurd Amerika Serikat ini ditulis dan disutradarai oleh Daniel Kwan dan Daniel Scheinert atau Daniels, yang memproduksinya bersama Russo Brothers.

Berkat film yang dirilis Juni 2022 silam, Michelle Yeoh juga meraih kemenangan sebagai Aktris Terbaik dalam kategori film, musikal atau komedi di ajang Golden Globe 2023 dan Screen Actors Guild atau SAG Awards 2023

Baca juga: Michelle Yeoh Terima Gelar Doktor Kehormatan Seni Rupa dari American Film Institute

Poster film Everything Everywhere All at Once yang dibintangi Michelle Yeoh. Foto: Instagram/@michelleyeoh_official

Michelle Yeoh, Aktris Asia Ketiga yang Meraih Oscar

Dalam sejarah Oscar, Michelle Yeoh menjadi perempuan Asia ketiga yang menang setelah Youn Yuh Jung dari Korea Selatan untuk film Minari dan Miyoshi Umeki dari Jepang untuk film Sayonara. Namun, Michelle Yeoh menjadi yang pertama dalam kategori utama yang memenangkan hadiah akting.

Di kategori aktris terbaik Oscar 2023, Michelle Yeoh mengalahkan Cate Blanchett (Tár), Michelle Williams (The Fabelmans), Andrea Riseborough (To Leslie), dan Ana de Armas untuk (Blonde).

Selamat, Michelle Yeoh. You, deserve it!

Pilihan Editor: Pidato Kemenangan Michelle Yeoh di SAG Awards 2023

MARVELA | VARIETY | DEADLINE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."