Tak Hanya Sumber Protein, Manfaat Kolagen juga Bisa Cegah Penuaan Dini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi minuman berkolagen. wpengine.netdna-cdn.com

Ilustrasi minuman berkolagen. wpengine.netdna-cdn.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dipercaya secara luas bahwa "perekat" tubuh Anda adalah kolagen, yang merupakan sepertiga dari protein tubuh. Namun, saat kita memasuki usia tiga puluhan dan empat puluhan, tubuh kita mulai menghasilkan lebih sedikit kolagen. Ketika Anda memasukkan peptida kolagen ke dalam makanan Anda, tubuh Anda mungkin dapat mengisi kembali nutrisi yang mulai hilang seiring bertambahnya usia dan menjaga kesehatan Anda secara umum. 

Berikut manfaat kolagen yang bisa kamu dapatkan:

1. Sumber protein yang mudah dicerna

Tubuh Anda bekerja keras untuk mencerna protein dari makanan seperti ayam atau sapi, dan beberapa orang mungkin mengalami masalah pencernaan seperti bersendawa atau sakit perut setelah makan. Namun, suplemen kolagen dihidrolisis, yang berarti kolagen dipecah, sehingga lebih mudah diserap tubuh Anda. Suplemen yang mengandung kolagen bisa membuat protein masuk ke dalam makanan Anda lebih nyaman.

Peptida kolagen dapat larut dalam air berkat proses hidrolisis, sehingga sangat mudah untuk memasukkannya ke dalam hidangan biasa (seperti air atau smoothie).

2. Dapat membantu mengurangi kerontokan rambut

Tidak ada yang mau bangun setiap pagi untuk melihat lebih banyak rambut di saluran pembuangan kamar mandi. Kebanyakan pria biasanya tidak menganggapnya serius sampai mereka mulai menyadari kerontokan rambut, meskipun faktanya itu terutama diwariskan. Kedua folikel rambut tetap lentur dan kuat oleh kolagen. Untungnya, ada beberapa suplemen kolagen yang tersedia untuk orang yang ingin mendorong pertumbuhan rambut yang sehat. Kolagen dapat digunakan untuk memperbaiki kerontokan rambut dan menciptakan helai rambut yang lebih kuat dan indah.

3. Menjaga kesehatan tulang dan sendi

Penggunaan kolagen secara teratur memfasilitasi fungsi sendi yang lebih halus, membuat aktivitas sehari-hari seperti berjalan, menaiki dan menuruni tangga, berdiri dari posisi duduk, membungkuk, dan menahan beban menjadi lebih mudah. Selain itu, kolagen membantu mengurangi nyeri terkait osteoarthritis. Kolagen juga telah ditemukan untuk membantu pemulihan lebih cepat dari cedera olahraga. dan mengurangi kemungkinan lebih banyak patah tulang.

4. Mempercepat perbaikan otot

Setelah latihan yang menantang atau seharian bekerja, kombinasi unik dari asam amino yang ditemukan dalam kolagen dapat membantu Anda pulih lebih cepat. Kolagen membentuk sekitar 75% dari tendon dan ligamen Anda, jadi mengonsumsinya sebagai suplemen dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan atau cedera di masa mendatang. Peradangan yang disebabkan oleh ketegangan akibat angkat berat atau olahraga berdampak tinggi juga berkurang oleh kolagen.

5. Kesehatan usus yang lebih baik

Anda mungkin harus mempertimbangkan untuk memasukkan kolagen ke dalam diet Anda jika Anda menderita penyakit radang usus (IBD) atau sindrom usus bocor. Setiap sel di usus Anda didukung oleh kolagen, yang membantu mengurangi peradangan dan melindungi lapisan usus Anda.

6. Mendukung penuaan dengan anggun

Semua orang ingin menjadi dewasa dengan anggun. Manfaat kolagen untuk penuaan yang sehat tidak hanya untuk perempuan, bukan? Kolagen berkontribusi pada kemampuan kulit untuk mempertahankan kelembapan, yang mengurangi penampakan kerutan dan garis halus. Konsumsi kolagen diyakini dapat meningkatkan kapasitas alami tubuh untuk membuat kolagen, yang dapat meningkatkan elastisitas dan meningkatkan anti penuaan alami.

Pilihan Editor: Kapan Waktu yang Tepat untuk Konsumsi Suplemen Kolagen?

PINK VILLA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."