Cara Membersihkan Perhiasan di Rumah, dari Perak, Emas hingga Batu Permata

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi aneka perhiasan. Unsplash.com/Tom Quandt

Ilustrasi aneka perhiasan. Unsplash.com/Tom Quandt

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah cincin, kalung, dan perhiasan kesayangan Anda kehilangan kilaunya? Jika demikian, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara membersihkan perhiasan dan membuatnya terlihat seperti baru. Membawa potongan-potongan itu ke seorang profesional adalah salah satu pilihan, tetapi itu bisa mahal dan tidak nyaman. Untungnya, Anda dapat melakukannya sendiri dan membuat perhiasan apa pun kembali berkilau hanya dengan beberapa langkah sederhana di rumah.

Tapi bagaimana perhiasan menjadi sangat kotor? Hal-hal seperti losion, minyak tubuh, dan riasan dapat menumpuk di perhiasan, terutama jika Anda memakainya setiap hari. Mengenakan perhiasan saat berolahraga atau bahkan melakukan pekerjaan rumah tangga dan berkebun juga dapat membuat perhiasan dan logam berharga Anda terpapar unsur-unsur keras.

Sebelum kita menyelami cara membersihkan perhiasan, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu. Meskipun beberapa langkahnya serupa, membersihkan setiap jenis logam dengan campuran larutan yang tepat dan teknik pembersihan sangatlah penting. Berhati-hatilah saat membersihkan perhiasan Anda, agar tidak merusak barang tersebut.

Yang Perlu Dipertimbangkan sebelum Membersihkan Perhiasan

1. Jangan Gunakan Bahan Kimia Abrasif atau Keras pada Perak dan Emas

Hindari bahan abrasif apa pun saat membersihkan perhiasan Anda karena dapat menggores logam halus dan batu permata. Selain itu, hindari hal-hal seperti pemutih dan pembersih logam karena dapat merusak dan mengubah warna emas dan perak.

Anda dapat menggunakan semir atau pembersih perhiasan perak, tetapi pastikan aman untuk jenis perhiasan yang Anda gunakan.

2. Berhati-hatilah saat Membersihkan Batu Permata

Pastikan untuk mengidentifikasi batu permata Anda sebelum membersihkannya, karena tidak semuanya diciptakan sama. Jadi, bersihkan dengan hati-hati dan pastikan Anda tidak menggunakan cara yang salah untuk berbagai jenis batu. Misalnya, disarankan untuk tidak merendam permata seperti mutiara ke dalam air. Sebagai gantinya, Anda harus menggunakan kain lembap untuk membersihkannya.

Banyak permata merespons dengan baik larutan campuran air hangat dan sabun cuci piring yang lembut, tetapi Anda dapat menemukan metode pembersihan yang tepat untuk permata yang lebih sensitif dengan panduan dari International Gem Society ini.

3. Seberapa Sering Membersihkan Perhiasan

"Ini benar-benar tergantung pada apakah Anda memakai perhiasan Anda terus-menerus atau kadang-kadang seberapa sering Anda perlu membersihkannya," kata Kathleen Bamberger, pakar perhiasan dan salah satu pemilik Pawn Emporium Incorporated, seperti dilansir Real Simple, pada 28 Februari 2023.

"Misalnya, jika Anda memakai perhiasan setiap hari, Anda harus membersihkannya seminggu sekali. Namun, jika Anda hanya memakainya untuk acara-acara khusus, maka setiap empat minggu sekali sudah cukup," sarannya.

4. Peralatan dan Bahan yang Dibutuhkan

  • Sikat gigi berbulu halus
  • Kain mikrofiber
  • Kain pemoles emas dan perak (opsional)
  • Mangkuk perendaman
  • Sabun cuci piring 
  • Amonia

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."