Hari Perempuan Internasional, Mulai dari Perawatan untuk Diri Sendiri Lebih Dulu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Mengenali diri sendiri bisa membantumu dalam pencarian jawaban soal hubungan asmara. Sumber foto: Canva

Mengenali diri sendiri bisa membantumu dalam pencarian jawaban soal hubungan asmara. Sumber foto: Canva

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak cara memperingati Hari Perempuan Internasional khususnya bagi perempuan yang sudah menjadi ibu. Salah satunya dengan perawatan untuk diri sendiri. Bukankah jika ingin merawat orang lain, kamu juga harus merawat dirimu sendiri terlebih dahulu.

Rekomendasi Perawatan untuk Diri Sendiri 

Cukup buatlah daftar kegiatan yang kamu sukai, dan gunakan salah satu dari kegiatan tersebut sebagai praktik perawatan diri. Cobalah untuk memasukkan keterampilan atau hobi yang kamu minati, seperti kegiatan sosial dengan orang yang kamu cintai, ataupun cara-cara penghilang stres (contohnya meditasi, berdoa, atau hiking).

Berikut ini adalah beberapa opsi yang dapat membantu kamu memulai perawatan diri sendiri:

1.    Membuat jurnal, atau jenis tulisan kreatif apa pun (cerpen, puisi, novel);
2.    Menikmati berjalan-jalan sambil mendengarkan musik;
3.    Menelepon seorang teman untuk mengobrol;
4.    Menyelesaikan latihan meditasi yang dipandu oleh YouTube;
5.    Memanjakan diri dengan mandi air hangat.

Mengembangkan semacam rencana perawatan diri, atau menetapkan rutinitas perawatan diri, akan memberikan energi positif bagi tubuhmu. Kamu akan merasa lebih siap untuk menghadapi pasang surutnya menjadi seorang ibu ketika kamu meluangkan waktu untuk peduli pada diri sendiri. 

Mintalah Bantuan Jika Kamu Kesulitan

Seringkali, mungkin terasa hampir mustahil untuk mendapatkan waktu untuk diri sendiri atau me time. Menjadi orang tua, dan memiliki anak mampu menguras tenaga sekaligus memberikan perasaan senang. Momen yang kamu miliki untuk diri sendiri mungkin hanya sedikit dan terkadang tidak kamu dapatkan, itulah sebabnya mengapa sangat penting untuk mendapatkan dukungan dari orang sekitar. Entah itu pasanganmu, orang tua, ataupun teman yang dapat kamu percayai, belajarlah untuk bekerja sama dengan pasanganmu sehingga kalian dapat bergantian untuk mengasuh anak selama satu jam sehari. Hal ini akan membuat waktu untuk merawat dirimu sendiri akan terasa jauh lebih mungkin.

Jangan Selalu Merasa Bersalah

Sangat mudah untuk jatuh ke dalam perasaan bersalah pada diri sendiri ketika kamu perlu meluangkan waktu untuk dirimu sendiri dan kamu berpikir bahwa hal tersebut akan menjauhkan kamu dari anakmu sendiri. Sekadar pengingat: kamu juga seorang manusia, kamu memiliki kebutuhan dasar seperti waktu untuk diri sendiri, tidur dan makan dengan teratur, dan "bermain". Jangan jatuh dalam perangkap yang orang bilang bahwa kamu egois hanya karena kamu meluangkan waktu untuk diri sendiri. 

Rangkullah Ketidaksempurnaan

Jika kamu merasa bersemangat karena kamu merasa kamu memegang kendali, belajarlah untuk menerima kenyataan bahwa tidak ada cara asuh anak dan tidak ada seseorang pun yang sempurna, atau yang dapat menciptakan situasi yang sempurna. Banyak hal yang akan salah saat kamu memulai perjalanan menjadi orang tua, dan itu tidak bukanlah masalah! Anakmu tidak membutuhkanmu untuk menjadi sempurna, mereka membutuhkanmu untuk hadir dalam proses tumbuh kembangnya.

Salah satu cara yang efektif untuk merasa hidup saat ini adalah dengan memberikan waktu untuk dirimu sendiri atau me time. Jika kamu tidak memberi waktu untuk diri kamu sendiri, kamu akan lebih rentan terkena pikiran yang berpacu dan pikiranmu akan lebih mudah terganggu, sehingga kamu cenderung tidak menghargai waktu yang kamu habiskan dengan anakmu sendiri.

Nikmatilah waktu bersama keluarga dan jangan lupa untuk menikmati waktumu sendiri.

Pilihan Editor: International Women's Day, Ini 5 Cara Mengapresiasi Wanita Paling Berpengaruh bagi Kamu

WIDYA FITRIANINGSIH | MONSURI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."