Tips Negosiasi Gaji saat Melamar Pekerjaan, Coba Pakai Efek Bunglon

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita sedang wawancara kerja. shutterstock.com

Ilustrasi wanita sedang wawancara kerja. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menegosiasikan gaji Anda dengan HRD selama proses wawancara kerja adalah bagian penting dari rangkaiaan melamar pekerjaan. Sebab, Anda harus tahu berapa jumlah gaji yang paling cocok untuk Anda sehubungan dengan kemampuan, keterampilan, dan pengalaman Anda. 

Seringkali, orang puas kurang hanya untuk mengantongi pekerjaan tetapi bernegosiasi dengan SDM adalah sebuah seni. Sekalipun diskusi tentang gaji dan kenaikan gaji bisa jadi sulit, sangat penting untuk menanyakan gaji yang tepat di tempat kerja Anda. 

Untuk membantu Anda dalam hal ini, berikut adalah beberapa tips negosiasi gaji yang dapat Anda gunakan saat wawancara kerja: 

1. Jangan pernah mengungkapkan gaji Anda sebelumnya

Jangan pernah melampirkan informasi tentang gaji Anda sebelumnya. Ada kemungkinan besar ketika mereka melihat gaji Anda sebelumnya, mereka akan menentukan nilai Anda dengan itu dan memberi Anda angka yang mendekati itu saja. Ini tidak hanya akan memengaruhi gaji Anda saat ini, tetapi juga memengaruhi posisi Anda.

2. Tunjukkan rasa percaya diri Anda lebih banyak

Andalkan kepercayaan diri Anda selama negosiasi gaji dengan HR. Percaya diri dengan keterampilan, kemampuan, dan pencapaian Anda dan uraikan mengapa Anda layak mendapatkan gaji yang lebih baik. Cobalah untuk memasukkan beberapa angka yang akan meningkatkan level Anda.

3. Pakai efek bunglon

Ini adalah trik hebat yang dipatuhi banyak orang. 'Efek bunglon' adalah saat Anda meniru gerak tubuh, bahasa tubuh, dan tingkah laku orang di depan Anda. Ini sangat menarik bagi orang lain dan mereka mulai menyukai Anda. Jadi jika Anda melakukan ini, Anda mencoba memproyeksikan kepribadian yang mirip dengan mereka, dan dengan cara ini, mereka akan lebih setuju dengan Anda.

4. Fokus pada kata-kata 

Apa yang Anda katakan dan bagaimana Anda mengatakannya, itulah yang membuat semua perbedaan. Berikan kata-kata empati dan jangan katakan apa pun yang mungkin membuat marah atau menyinggung perekrut. Hati-hati gunakan kata-kata yang akan memproyeksikan kemampuan intelektual Anda. Bagaimana Anda bernegosiasi juga akan menentukan apakah Anda akan menjadi aset yang berguna bagi perusahaan atau tidak.

5. Pikirkan jumlah tertentu

Selalu tunjukkan jumlah tertentu dalam pikiran saat Anda bernegosiasi dengan HR untuk gaji Anda. Selain itu, hindari menyebutkan angka utuh seperti Rs 70.000. Sebaliknya, katakan sesuatu yang spesifik seperti Rs 72.000. Dengan cara ini Anda membiarkan perekrut berpikir bahwa Anda memerlukan jumlah untuk kebutuhan tertentu karena Anda telah menambahkan lapisan tambahan.

Pilihan Editor: Selain Urusan Gaji, Sebaiknya Hindari 6 Topik Obrolan Ini dengan Rekan Kerja

TIMES OF INDIA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."