6 Fakta Muffest+ 2023, Perkuat Peran Sebagai Etalase Modest Fashion

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Perhelatan fashion muslim tahunan terbesar di Indonesia, Muslim Fashion Festival (Muffest)+ akan digelar untuk kedelapan kalinya mulai 7-10 Maret 2023/Foto: Doc. Muffest

Perhelatan fashion muslim tahunan terbesar di Indonesia, Muslim Fashion Festival (Muffest)+ akan digelar untuk kedelapan kalinya mulai 7-10 Maret 2023/Foto: Doc. Muffest

IKLAN

4. Modest Wear dan Kampanye Sarung

Keistimewaan Muffest+ Road to IN2MOTIONFEST tahun ini adalah turut menampilkan koleksi yang mengangkat konsep modest wear, yaitu fashion yang lebih inklusif bagi semua orang yang ingin bergaya modest, sebagai proses menuju kesesuaian dengan kaidah busana muslim, sekaligus sesuai kebutuhan pasar global. Sejalan dengan kiprah modest wear Indonesia di kancah global, perhelatan ini menghadirkan 8 international guest designers dari negara-negara tetangga, yakni Singapura, Laos, Kamboja, Brunei dan Thailand atas dukungan ASEAN Fashion Designers Showcase (AFDS). 

Muffest+ Road to IN2MOTIONFEST 2023 akan menghadirkan pula produk fashion muslim Indonesia dengan menerapkan konsep sustainability dan mengoptimalkan pemanfaatan kekuatan sumber daya lokal, guna menggerakkan perekonomian lokal, di antaranya pemakaian wastra Nusantara sebagai keunggulan yang membedakan produk fashion muslim Indonesia dengan negara lainnya untuk berkiprah di pasar global.

Kampanye movement "Sarong is My New Style" tentunya kembali digaungkan dalam MUFFEST+ 2023 untuk memberikan inspirasi gaya berpakaian Timur seperti memakai sarung sebagai suatu gaya baru yang mengglobal. 

5. Meleburnya Muffest+ ke dalam IN2MOTIONFEST di tahun mendatang

Dengan mengusung nama "Muffest+ Road to IN2MOTIONFEST", tahun ini merupakan pengenalan untuk meleburnya pelaksanaan Muffest+ ke dalam IN2MOTIONFEST di tahun mendatang. Oleh karena itu, Muffest+ 2023 Road to IN2MOTIONFEST akan menampilkan koleksi dari 64 brand yang merupakan anggota Industri Kreatif Syariah (IKRA) Indonesia dan UMKM binaan Bank Indonesia. IN2MOTIONFEST 2023 akan diselenggarakan pada 25-29 Oktober 2023 di JCC Jakarta.  

Perhelatan ini kembali memberikan kesempatan kepada sekolah tinggi mode untuk turut menampilkan karya para mahasiswanya, yaitu Islamic Fashion Institute (IFI), Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Institut Seni Budaya Indonesia Bandung, Burgo Indonesia, ISWI Fashion Academy, Akademi Wirausaha Maluku Utara, dan BBPVP (Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas) Semarang. Serta mempresentasikan karya SMK dalam rangka pengembangan bakat dan minat peserta didik sehingga #bangga jadi anak SMK, antara lain Zelmira by SMK NU Banat Kudus dan Threelogy by SMKN3 Blitar. 

Perhelatan fashion muslim tahunan terbesar di Indonesia, Muslim Fashion Festival (Muffest)+ akan digelar untuk kedelapan kalinya mulai 7-10 Maret 2023/Foto: Doc. Muffest

6. Konsep "See Now Buy Now" 

Konsep "See Now Buy Now" merupakan tawaran baru di gelaran MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST yang mengkampanyekan cara baru bagi penonton fashion show agar mendapatkan akses langsung secara digital untuk membeli koleksi runway dari desainer yang telah siap dengan sistem SNBN, segera setelah show selesai. 

Muffest+ Road to IN2MOTIONFEST terselenggara atas kerjasama sinergis dengan berbagai pihak. Tahun ini, Wardah Beauty kembali mendukung MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST sebagai partner kolaborasi. Findi Novia, Group Head Wardah Decorative menguraikan, "Hadir untuk kedelapan kalinya, Wardah kembali mendukung Muffest+2023 sebagai Official Make-up Artist & Hijab do Partner. 

Kolaborasi ini merupakan komitmen Wardah untuk mendukung industri modest fashion tanah air serta pelaku industri kreatif agar tercipta sebuah kolaborasi positif antara industri kecantikan dan industri mode. Keseluruhan kegiatan yang dilakukan Wardah bersama MUFFEST+ sejalan dengan kampanye Ramadan Wardah tahun ini yakni "Bersama Lebih Bermakna".

Muffest+  Road to IN2MOTIONFEST didukung pula oleh The Westin Jakarta sebagai Official Venue Partner, kemudian disponsori oleh Asia Pacific Rayon (APR) dan Bank Syariah Indonesia (BSI), didukung oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI, BBPVP Semarang, Kementerian Perdagangan RI, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, YOU.C1000, dan ASEAN Fashion Designers Showcase (AFDS), Hijabersmom Community, dan Hijabers Community sebagai Community Partner. 

Pilihan Editor: Adu Gaya Fashion Ayudia dan Feby Putri Kenakan Modest Wear dari Uniqlo

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."