Tips Menyamarkan Dark Spot Akibat Paparan Sinar Matahari, dari Soda Kue hingga Lemon

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi dark spot. Foto: Unsplash.com/Anastasia Vityukova

Ilustrasi dark spot. Foto: Unsplash.com/Anastasia Vityukova

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Produk self-tanning menawarkan sebuah cara yang bagus untuk mendapatkan tampilan kulit musim panas yang berkilau dan menjaganya sepanjang tahun, tetapi produk ini membutuhkan sedikit proses pendalaman. Merupakan hal yang umum jika terdapat beberapa bekas goresan atau dark spot saat produk self-tanning mengering.

Simak tujuh tips cara memperbaiki goresan dari self-tanning kulit atau dark spot dan membantu menyamaratakan warna kulitmu lebih cepat.

1. Jus lemon dan soda kue

Kamu dapat membuat eksfoliator alami yang bersifat asam dengan mencampurkan air perasan lemon, yang mengandung asam sitrat, dan soda kue dengan perbandingan satu banding satu hingga membentuk pasta. 

Inilah yang harus dilakukan: 
1.    Mulailah dengan seperempat cangkir masing-masing bahan. 
2.    Campurkan dalam mangkuk kecil dan aduk hingga tercampur.
3.    Tambahkan lebih banyak jus lemon dan soda kue, dalam jumlah yang sama, sesuai kebutuhan. 
4.    Oleskan pasta ini ke kulit kamu menggunakan tangan atau bola kapas, lalu bilas dengan air hangat, kata Dr. Anna Chacon, dokter kulit di MyPsoriasisTeam.

Kombinasi asam sitrat dan soda kue ini dapat mencerahkan dan menghaluskan noda-noda kecil akibat proses self-tanning. Misalnya, tangan kamu mungkin akan menjadi lebih gelap dari bagian tubuh lainnya setelah melakukan self-tanning. Menggosok sedikit pasta di antara telapak tangan dapat membantu meratakan warna pada tangan kamu.

2. Minyak bayi dan soda kue

Jika jus lemon terbukti terlalu keras untuk kulit kamu, kamu bisa mencampurkan baby oil dan baking soda untuk membuat pasta yang lebih lembut. Baby oil dapat membantu meratakan warna kecokelatan pada seluruh tubuh atau membantu memudarkannya secara lebih alami, jika beberapa area terlihat lebih gelap dari yang lain.

Inilah yang harus dilakukan:
1. Campurkan seperempat cangkir baby oil dengan seperempat cangkir baking soda hingga campuran membentuk pasta.
2. Tambahkan lebih banyak dari setiap bahan sesuai kebutuhan, dalam jumlah yang sama.
3. Oleskan campuran tersebut secara merata dan biarkan meresap ke dalam kulitmu selama 10 hingga 15 menit.
4.  Bilas dengan air di kamar mandi atau bak mandi.

3. Cuka putih atau cuka sari apel

Mengoleskan atau menggosokkan cuka dengan lembut pada kulit kalian dengan bola kapas dapat membantu memperbaiki area kecil perubahan warna akibat self-tanner. 
Berhati-hatilah saat mengoleskan cuka pada kulit karena cuka putih dan cuka sari apel dapat menyebabkan iritasi dan membuat kulit kering. Biarkan cuka selama satu atau dua menit sebelum membilasnya. 
Jika kamu memiliki kondisi kulit yang sensitif, cobalah mengencerkan cuka dengan sedikit air sebelum mengoleskannya. Chacon juga merekomendasikan untuk mengoleskan pelembab setelah menggunakan cuka pada kulit kalian untuk membantu mengatasi masalah kekeringan.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."