Tips Menyamarkan Dark Spot Akibat Paparan Sinar Matahari, dari Soda Kue hingga Lemon

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi dark spot. Foto: Unsplash.com/Anastasia Vityukova

Ilustrasi dark spot. Foto: Unsplash.com/Anastasia Vityukova

IKLAN

4. Mandi dan lakukan eksfoliasi

Jika kamu melihat ada beberapa goresan atau bintik-bintik hitam pada kulitmu, mandi air panas dapat membantu menghaluskan goresan dan membuat kulit kecokelatanmu terlihat lebih alami. Kombinasi air panas dan uap dapat membantu mencerahkan bintik-bintik hitam, meratakan warna kulit, dan melembutkan kulit secara keseluruhan. Pengelupasan kulit dengan lulur favorit juga dapat membantu menghaluskan noda dan mengurangi perubahan warna. 

Cobalah tips pengelupasan kulit berikut ini: 
1. Eksfoliasi bintik-bintik hitam dengan lembut setiap dua atau tiga hari sekali dapat membantu memudarkan warna kulit secara merata. 
2. Jika kamu tidak memiliki produk eksfoliasi, kamu bisa mencoba menggosok area yang bermasalah dengan kain lap.
3. Hindari menggosok terlalu keras atau terlalu sering karena eksfoliator dapat merusak pelindung kulit sehingga menggunakannya secara berlebihan berpotensi menyebabkan sensitivitas, iritasi, dan kekeringan pada kulit, ujar Dr. Mamina Turegano, ahli dermatopatologi dan salah satu pendiri Skintap.com.

5. Campur gula dengan minyak zaitun atau minyak kelapa

Baru saja selesai menggunakan lulur? Kamu bisa mencoba membuatnya sendiri hanya dengan beberapa bahan saja. Minyak zaitun dan minyak kelapa sangat melembapkan, dan dengan mencampurkannya dengan gula, kamu bisa membuat eksfoliator pelembut kulit buatan sendiri hanya dalam beberapa menit. 

Inilah yang harus dilakukan:

1. Campurkan setengah cangkir minyak zaitun atau minyak kelapa dengan seperempat cangkir gula dan aduk hingga rata.
2. Tambahkan satu atau dua sendok teh minyak vitamin E ke dalam campuran jika kamu ingin memberikan lapisan perlindungan tambahan pada kulitmu.
3. Tambahkan 10 tetes atau lebih minyak esensial favorit kamu untuk meningkatkan scrub dengan aroma yang menenangkan atau memberi energi. 
Lulur gula membantu mengangkat sel kulit mati dari epidermis kulit kalian, lapisan kulit yang menyerap zat self-tanner, kata Chacon. Gunakanlah secukupnya saja. Seperti eksfoliator lainnya, lulur gula dapat menyebabkan iritasi kulit jika digunakan lebih dari dua atau tiga kali seminggu.

6. Krim penghilang bulu

Krim penghilang bulu seperti Nair atau Veet dapat membantu meringankan atau menghilangkan warna cokelat spray tan pada kulit kamu. Perlu diingat bahwa krim-krim ini juga dapat menghilangkan sebagian dari bulu-bulu yang ada pada tubuh kamu. 

Inilah yang harus dilakukan: 
1. Oleskan krim penghilang bulu pada area yang ditargetkan untuk mencerahkan atau menghaluskan goresan. 
2. Mulailah dengan jumlah seukuran kacang polong untuk goresan dan jumlah seperempat ukuran untuk mencerahkan warna kulit. Tambahkan lebih banyak sesuai kebutuhan, dalam jumlah kecil 
3. Biarkan krim tidak lebih dari setengah waktu yang disarankan yang tertera pada botol, lalu cuci atau seka dengan lembut.
4. Ingatlah bahwa semakin lama membiarkan krim, semakin besar kemungkinan kamu akan kehilangan rambutmu.

7. Bronzer

Jika kamu tidak punya waktu untuk menggosok kulitmu yang tiba-tiba menjadi oranye, kamu bisa mencoba memoleskan bronzer untuk meratakannya. Perbaikan sementara ini dapat membantu memperbaiki warna kulit hingga kamu punya waktu untuk mencoba solusi yang lebih intensif. 

Jika hasil self-tanning kamu tidak seperti yang kamu harapkan, cobalah untuk tidak panik - beberapa barang rumah tangga dapat membantu mencerahkan warna oranye atau kulit belang, jika kamu tidak ingin menunggu terlalu lama. Perlu diingat bahwa menggunakan produk yang tidak diperuntukkan bagi kulit dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi, terutama jika kamu memiliki kulit sensitif. Pastikan kamu membilas semua produk ini hingga bersih dan gunakan losion pelembab untuk menghindari kekeringan, kata Chacon.

Pilihan Editor: Cegah Kulit Kusam dan Dark Spot dengan Regenerasi Sel Kulit Mati

WIDYA FITRIANINGSIH | INSIDER

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."