Manfaat Air Beras untuk Rambut, Cara Penggunaan, dan Efek Sampingnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memegang rambutnya. shutterstock.com

Ilustrasi wanita memegang rambutnya. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di topik kecantikan kali ini, mari kita telusuri manfaat air beras untuk rambut, kandungannya, cara penggunaan hingga kemungkinan efek samping yang muncul. Sebenarnya air beras telah lama dikenal sebagai cara alami untuk membuat rambut Anda tumbuh. Dan, baru-baru ini kembali jadi perbincangan di platform video dengan tagar #ricewaterchallenge.

Penggunaan air beras telah digunakan selama berabad-abad dalam budaya Asia, menurut Cleveland Clinic. Orang-orang mencuci rambut mereka dengan air yang tersisa setelah merendam beras. 

Kandungan di dalam Air Beras

Jadi, apakah peretasan kecantikan ini benar-benar berhasil? Itu mungkin! Vitamin, mineral, dan hormon inositol semuanya ditemukan dalam air beras, yang dapat membuat rambut kamu lebih halus, lebih penuh, tidak kusut, dan lebih panjang.

"Secara teori, vitamin B dan vitamin E dapat membantu bertahan melawan oksidasi dan penuaan rambut," kata Kavita Mariwalla, dokter kulit bersertifikat dan pendiri Mariwalla Dermatology, dikutip dari laman Women's Health, pada Sabtu, 11 Februari 2023.

Manfaat Air Beras untuk Rambut

Meskipun penelitian tentang topik ini masih langka, sebuah penelitian di International Journal of Cosmetic Science merangkum manfaat penggunaan air beras. Menurut penelitian, membilas dengan air beras mengurangi gesekan rambut dan meningkatkan elastisitas rambut.

dr. Mariwalla menjelaskan bahwa rambut juga bisa terasa lebih halus karena pati nasi duduk di folikel rambut dan bertindak sebagai pelapis. Adapun apakah itu dapat meningkatkan pertumbuhan rambut secepat kilat atau tidak? Kemungkinannya, tidak. Namun, vitamin yang dipasangkan dengan lapisan tepung dapat menambah kilau dan dapat membuat rambut lebih kuat.

Tetap saja, jangan jadikan air beras sebagai solusi pertama untuk rambut rontok. “Jika perhatian utama Anda adalah kerontokan rambut, Anda harus mempertimbangkan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit Anda untuk perawatan daripada menggunakan pengobatan rumahan,” kata Dr. Mariwalla.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."