Kisah Gisella Anastasia yang Bangga Jadi Atlet Triathlon

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Penyanyi Gisella Anastasia ikut kegiatan Triathlon Buddies Anniversary Triathlon 2023 pada 18 Februari 2023/Herbalife

Penyanyi Gisella Anastasia ikut kegiatan Triathlon Buddies Anniversary Triathlon 2023 pada 18 Februari 2023/Herbalife

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi Gisella Anastasia menceritakan pengalamannya menjadi atlet triathlon. "Rasanya hati berbunga-bunga perut huga berkupu-kupu, nggak pernah membayangkan akhirnya kecemplung juga di olahraga ini," katanya dalam unggahan Instagramnya pada 21 Februari 2023. 

Gisella mengaku dirinya masih menjadi atlet triathlon pemula, namun ia bangga sudah bisa merasakan bagaimana melakukan tiga olahraga sekaligus, yaitu berenang, bersepeda, serta berlari. "Walau masih jauh hitungannya dari Triathlon PRO tapi at least i did it dan ngerasain gimana rasanya 400 meter berenang, 20 kilometer sepedaan, dan 5 kilometer lari non stop," katanya. 

Kegiatan Triathlon Buddies Anniversary Triathlon 2023/Herbalife

Gisella Anastasia hanya memiliki waktu sebentar dalam pergantian antar cabang olahraga itu. Ia bahkan tadinya mau memperbaiki make upnya. "Tapi sayang waktunya," kata Gisella yang hanya bisa minum dan mengelap wajahnya di saat transisi olahraga. 

Dulu, ia pernah melihat temannya, Joshua melakukan triathlon di BSD. Gisella pun menilai dirinya mustahil melakukan ketiga olahraga itu sekaligus. "Kok kayaknya mustahil. Mana aku bisa kuat? Aku juga takut sepedaan,” katanya.

Nasib berkata lain. Pelatih Chaidir Akbar, yang juga Founder Triathlon Buddies mengajaknya untuk ikut kegiatan triathlon ini. Awalnya Gisella ogah ikut ajang ini dan beralasan bahwa sepedanya sudah terjual, namun alasannya pun terbantahkan. "Awalnya mau alesan RoadBike ku udah dijual, eh ternyata bisa pakai sepeda lipat. Lah mau alesan apa lagi," lanjutnya. 

Tak disangka ketika menjalani mini triathlon itu, Gisella mengaku sangat menikmatinya. Dari ketiga olahraga itu, Gisella paling suka dengan olahraga berenang. "I really-really love the SWIM part. Thanks to coach @endychen83jnk yang sudah mengajarkan aku gaya dada yang benar. Bukan gaya dada-dada-an alias kodok ngoreknanti kita lanjut belajar lagi ya kuch," katanya semangat untuk terus belajar.

Saat di sesi olahraga sepeda, Gisella mengaku sangat santai melakukannya. Saking menikmatinya dan sering senyum, Gisella merasa ia gigi dan gusi mengering karena bisa saling menyemangati kepada sesama peserta dan marshal yang bertugas. Tak jarang pula ia dan para pelari saling berteriak, tertawa, juga saling mengingatkan ketika harus berhati-hati di tikungan. Gisella sendiri menilai bersepeda dengan kecepatan yang sangat lambat dibanding atlet lain yang terlihat lebih tua darinya. 

Di olahraga lari, ibu dari Gempita Nora Marten ini, mengaku tidak merasa letih sama sekali. Walau tidak capai, ia merasa lutut kiri dan lambungnya tidak kooperatif kemarin. Ia curiga, lututnya kurang nyaman karena ia mengatur tempat duduk sepedanya terlalu tinggi. "Tapi the race must go on! (Lomba harus terus lanjut!)," kata Gisella. 

Ia merasa sangat beruntung mendapatkan semangat dan dorongan dari orang-orang terdekatnya, sehingga bisa mencapai garis finish dengan sempurna. "Akhirnya bisa finish dengan total waktu 1:58:12. Woohoo. Mayan laa yaa mamak-mamak takut jatuh sepeda bisa finish juga, kurang lebih 2 jam’an," katanya bangga dengan diri sendiri. 

Ia pun sangat berterima kasih kepada para pelari yang mau memberikan ilmu, waktu, tenaga, serta dukungannya. "Semua makasih! Ai lap yu tomaaat," katanya. 

Sebelumnya, Herbalife Nutrition mendukung dunia triathlon di Indonesia dengan menjadi sponsor utama dalam kegiatan Triathlon Buddies Anniversary Triathlon 2023. Kegiatan yang berlangsung pada hari Sabtu, 18 Februari 2023 di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno Jakarta ini menjadi ajang para penggemar olahraga melatih ketahanan.

Gisella Anastasia dan para atlet ini pun diajak untuk belajar dan berlatih bersama melalui lintasan berenang sepanjang 400 meter, bersepeda 20 kilometer dan berlari sejauh 5 kilometer yang disiapkan dengan menggunakan dukungan sistem standar dalam perlombaan triathlon di Indonesia. 

Senior Director dan General Manager, Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi mengatakan, partisipasi perusahaannya ini merupakan bentuk komitmen timnya untuk terus membantu masyarakat dalam menjalankan gaya hidup sehat dan aktif yang sehat. “Dukungan kami untuk event ini melalui penyediaan produk-produk nutrisi kami seperti Formula 1 Shake dan Personalized Protein Powder yang dapat dikonsumsi oleh para peserta sebelum dan setelah bertanding, untuk mendukung performa dan menjadi bagian dari program recovery mereka,” kata Andam.

Dengan mengusung tema "Today I do TRI", komunitas Triathlon Buddies mengajak masyarakat untuk berlatih dan mencintai olahraga triathlon melalui kegiatan non-competitive ini. 

Kegiatan Triathlon Buddies Anniversary Triathlon 2023/Herbalife

Founder Triathlon Buddies, Chaidir Akbar mengatakan pihaknya sangat gembira mendapat dukungan penuh dari Herbalife Nutrition, yang berarti menunjukan kepedulian Herbalife Nutrition dalam gerakan menyehatkan masyarakat melalui olahraga yang berbasis komunitas. “Diharapkan hal ini dapat menjadi inspirasi bagi institusi lainnya di Indonesia untuk terus mendukung pergerakan komunitas-komunitas olahraga yang merupakan akar rumput dari majunya olahraga nasional. 

Chaidir juga menambahkan, selain kategori Umum (usia 17-40 tahun) dan Master (usia > 40 tahun), Triathlon Buddies juga menghadirkan kategori baru ‘Youth’ bagi Triathletes yang berusia 14-17 tahun untuk mengakomodir generasi penerus di bidang olahraga triathlon.

Komunitas Triathlon Buddies terbentuk pada 7 Januari 2012 di Jakarta dan sejak tahun 2013, rutin mengadakan perlombaan triathlon sebagai bentuk perayaan ulang tahun komunitas. Saat ini, Triathlon Buddies telah berkembang dengan lebih dari 4.000 buddies di seluruh Indonesia dan telah menjadi komunitas triathlon terbesar di Indonesia. Selain melakukan program latihan dan olah raga, Triathlon Buddies menjadi salah satu pendukung utama dan mitra dari banyak perlombaan komunitas triathlon yang diselenggarakan di Indonesia. 

Kegiatan tahun ini diikuti oleh 250 peserta yang mayoritas merupakan para sport enthusiast yang baru pertama kali memulai debutnya menjadi seorang triatlet atau new breeds. Berbeda dengan kegiatan triathlon lain, kegiatan ini bersifat non-kompetitif dan tidak memiliki Cut Off Time (COT), sehingga semua finisher adalah pemenang.

Pilihan Editor: Gisella Anastasia Tulis Pesan Cinta di Ulang Tahun Kekasihnya Rino Soedarjo

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."