Siap Berburu Tiket Mudik 2023? Ini Tips Ampuhnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi mudik dengan kereta api. ANTARA/Puspa Perwitasari

Ilustrasi mudik dengan kereta api. ANTARA/Puspa Perwitasari

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mudik menjadi salah satu momen yang sangat ditunggu masyarakat. Mudik yang biasanya dilakukan pada akhir Ramadan hingga setelah perayaan Idul Fitri, membuat keluarga melakukan persiapan matang. Alat transportasi kereta api menjadi salah satu angkutan yang sangat digemari masyarakat ketika mudik. Apakah kamu sudah siapkan tiket mudik 2023?

Angkutan Kereta api dianggap relatif murah dan stasiunnya pun tersebar sehingga memudahkan masyarakat mengunjungi suatu destinasi. 

PT KAI mengumumkan tiket kereta api mudik dapat dipesan pada 26 Februari 2023 untuk keberangkatan 12 April 2023. Bagi mereka yang ingin mudik Lebaran menggunakan kereta api. Yuk intp tips cari tiket mudik 2023 di Pegipegi:

1. Tentukan tanggal keberangkatan dan kepulangan

Sudah siap mudik? Bila kamu sudah niatkan untuk mudik, sebaiknya segera tentukan kapan akan berangkat dan pulang dari kampung halaman. Tanggal sudah ditentukan, segera periksa kapan tanggal pemesanan tiket akan dibuka agar tidak ketinggalan jadwal pemesanan tiket kereta mudik.

2. Siapkan alarm pengingat

Waktu pembelian tiket kereta api biasanya dibuka pada 00:00 WIB. Kamu harus langsung siap berburu tiket mudik, karena tiket kereta api untuk mudik 2023 biasanya habis dalam waktu yang sangat singkat. Maka dari itu, calon pemudik tidak boleh ketinggalan untuk mengakses layanan pemesanan tiket kereta api. Persiapkan diri minimal 30 menit sebelum jadwal tiket kereta mudik dibuka.

3. Pesan Online

Baca Juga:

Sudah ada banyak aplikasi pembelian tiket kereta api yang bisa digunakan masyarakat. Carilah e-commerce yang menurut kamu paling cepat, mudah, aman, lengkap dengan beragam pilihan metode pembayaran. Biasanya aplikasi e-commerce itu juga menyiapkan pilihan Daftar Penumpang dan Pilih Kursi. Pastinya hal itu memudahkan kamu dan keluarga yang sudah tidak sabar untuk mudik.

4. Gunakan metode pembayaran cepat

Pemilihan pembayaran juga biasanya menjadi faktor utama dalam memilih e-commerce untuk berburu tiket mudik 2023. Pemilihan pembayaran internet banking atau online banking pastinya akan memudahkan kamu dalam melakukan proses pembayaran di tengah malam. Tapi jangan lupa saldo kamu harus cukup ya agar pembayaran tiket mudik 2023 kamu mulus.

5. Pastikan internet stabil

Kunci sukses mendapatkan tiket kereta api untuk mudik yang tidak kalah penting yakni memastikan koneksi internet kuat dan stabil. Hal ini perlu diperhatikan mengingat jutaan masyarakat Indonesia mengakses aplikasi pemesanan tiket kereta dalam waktu yang bersamaan. Koneksi yang kuat dan stabil dibutuhkan untuk masuk ke halaman aplikasi pemesanan tiket.

6. Periksa berkala lagi ketersediaan tiket

Sering kali kamu tidak kebagian tiket di percobaan pertama. Jangan khawatir, peluangmu masih ada. Sebaiknya, kamu bisa mengecek kembali secara berkala. Kamu bisa mengecek kembali sekitar 30 menit hingga dua jam kemudian untuk melihat apakah ada ketersediaan kuris di aplikasi pemesanan online tiket kereta api. Hal ini memungkinkannya mendapatkan kesempatan dari pemesanan tiket yang tidak berhasil terbayarkan karena batas waktu pembayaran berakhir, atau pemesanan tiket kereta orang lain yang dibatalkan.

7. Buat rencana cadangan

Jika pada hari yang direncanakan tidak kebagian tiket, segera cari alternatif keberangkatan di tanggal lain. Lalu, pastikan persiapan lebih matang dari yang sebelumnya agar percobaan kali ini membuahkan hasil positif.

8. Cek ketersediaan kereta tambahan

Bila kamu masih belum kebagian tiket kereta api, tenang, masih ada kesempatan untuk mudik dengan tiket kereta tambahan. Biasanya, pada periode peak season PT KAI akan menghadirkan kereta tambahan untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat Indonesia yang ingin melakukan mudik.

Pilihan Editor: 3 Tips Mudik Lebaran Berjalan Lancar Tanpa Kendala

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."