Mengenal Lebih Dekat Kain Tenun NTT, Ada 737 Motif dan 3 Teknik Menenun

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Koleksi Mata Hati, kolaborasi Ivan Gunawan dan Dekranasda NTT, mengangkat pesona tenun Sumba Timur. Foto: Dok. Garis Poetih

Koleksi Mata Hati, kolaborasi Ivan Gunawan dan Dekranasda NTT, mengangkat pesona tenun Sumba Timur. Foto: Dok. Garis Poetih

IKLAN

Promosi Tenun NTT

Julie juga mengisahkan selama masa jabatannya sebagai Ketua Dekranasda NTT hingga September 2023 ini, ia sudah berkolaborasi dengan banyak desainer. Pesona kain NTT juga sudah melenggang di peragaan busana bergengsi nasional seperti Jakarta Fashion Week, Indonesia Fashion Week, dan Garis Poetih yang teranyar. Julie juga mengatakan promosi tenun NTT sudah sampai ke salah satu pusat mode di Amerika Serikat, yakni New York.

Dari sisi perlindungan hak cipta, Julie mengatakan sudah mematenkan setiap motif bersama dinas terkait dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Ia juga rutin membeli kain-kain tenun dari perajin, lalu dibawa ke jakarta untuk dijual di butiknya di kawasan Wijaya, Jakarta Selatan.

(tengah) Ivan Gunawan bersama ibunda, Erna Gunawan, dan Ketua Dekranasda NTT, Julie Sutrison Laiskodat. Foto: Dok. Garis Poetih

Cara Mencuci dan Menyimpan Tenun NTT

Julie menyarankan untuk cuci kering (dry clean), memakai deterjen lembut atau sampo bayi saat mencuci kain tenun NTT. Selain itu, juga bisa menggunakan deterjen khusus yang dijual oleh Dekranasda. 

Jika Anda memutuskan tidak ingin mencuci karena hanya dipakai sebentar di dalam ruangan, bisa juga diangin-anginkan saja, kata Julie.

"Saat disimpan, jangan terlalu banyak kena sinar matahari atau lampu. Diangin-anginkan sebulan sekali supaya tidak lembap dan berjamur," ujarnya membagi tips.

Saat menyimpan kain tenun NTT, boleh dilipat atau digantung, kunci agar tahan lama adalah rutin diangin-anginkan setiap bulan.

Pilihan Editor: Mata Hati Penutup Manis Garis Poetih 2023, Terbuai Pesona Tenun Sumba Timur

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."