Sering Mengalami Gagal Fokus? Yuk, Coba 7 Tips Berikut Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita berpikir. Unsplash.com/Chalis 007

Ilustrasi wanita berpikir. Unsplash.com/Chalis 007

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Microsoft merilis sebuah penelitian pada tahun lalu yang menunjukkan bahwa tingkat konsentrasi manusia umumnya hanya berlangsung selama 8 detik. Oleh sebab itulah, jika tidak dilatih maka kita akan sering mengalami gagal fokus

Menurut Angie Bucu, seorang instruktur kesadaran bersertifikat dan pemilik Ingredients of Wellness, yang berspesialisasi dalam mengajarkan kesadaran pada anak muda, membagikan beberapa tips agar tetap fokus. 

1. Menyingkirkan perangkat digital

Langkah pertama adalah menyingkirkan perangkat digitalmu. Tidak perlu dilakukan secara permanen, cukup dengan hanya dengan menyimpannya untuk jangka waktu tertentu, agar kamu bisa tetap fokus. Tidak cukup hanya dengan menaruhnya pada kantong saku saja, di mana kamu dapat terdistraksi dengan bunyi dering atau bunyi bip yang tetap akan mengganggumu, kamu harus menaruhnya di ruangan lain, atau mematikannya agar kamu tidak tergoda untuk memainkan ponselmu. Jika kamu melakukan ini selama 30 menit sehari sebagai permulaan, ini akan membantumu untuk tetap fokus.

2. Sadar akan detail kecil

Sadar terkait akan hal kecil, sehingga mudah untuk memasukkan beberapa kebiasaan ke dalam rutinitas harianmu. Saat kamu menyikat gigi, jangan lakukan apa pun selain menyikat gigi. Jangan pikirkan tentang hari esok, atau pertengkaran yang terjadi dengan ibumu semalam, nikmati saja proses menyikat gigi yang kamu lalui. Saat kamu berjalan ke sekolah, rasakan sensasi kakimu menyentuh dengan tanah. Perhatikan bagaimana tas ranselmu terasa di tubuhmu, cobalah fokus perhatikan detail kecil perasaan-perasaan seperti ini.

3. Olahraga

Olahraga adalah salah satu cara lain yang bagus untuk menjaga fokus, sebaiknya olahraga harus dilakukan sesering mungkin, termasuk menari dan berjalan.

4. Tidur berkualitas 

Tidur berkualitas bisa menjaga kesehatan tubuh. (Foto: Pexel/Daria Shevtsova)

Memastikan bahwa kamu mendapatkan waktu tidur berkualitas yang cukup juga merupakan peran penting. Jika kamu merasa sulit untuk tertidur, dengarkanlah beberapa meditasi yang dipandu dan dirancang khusus untuk membantumu tertidur.

5. Mengikuti kegiatan sukarelawan

Melakukan kegiatan menjadi sukarelawan, di mana kamu mengabdikan dirimu sepenuhnya untuk orang lain dalam kurun waktu yang terbilang singkat ataupun lama, kamu akan menemukan bahwa dengan melakukan hal-hal yang baik untuk orang lain, kamu akan mendapatkan timbal balik berupa rasa kesejahteraan mental yang baik.

6. Membuat sebuah jurnal 

Bucu juga menyarankan untuk membuat sebuah jurnal yang berisi rasa syukur dan menulis tiga hal yang kamu syukuri dalam satu hari. Hal ini tidak perlu dilakukan setiap hari, beberapa kali dalam seminggu sudah cukup. Hal ini akan membantumu untuk melupakan kekhawatiran dan fokus pada hal-hal baik dalam hidupmu.

7. Menghabiskan waktu di alam

Habiskan waktu di alam tanpa headphone dan musik. Dengarkan suara kicauan burung, dan perhatikan sensasi bagaimana tanah terasa di bawah kakimu. Jangan pikirkan apa yang akan kamu makan untuk makan malam, atau jumlah pekerjaan rumah yang nantinya harus kamu lakukan. Nikmati saja ambience berada di alam.

Nasihat terakhir dari Bucu adalah, ke mana pun tujuan pikiran kamu, maka fokusmu pada hal tersebut juga akan mengikutinya. Jadi, pikirkanlah untuk selalu waspada dan yakinlah bahwa kamu akan menjadi lebih fokus.

Ketika kamu sedang berjuang untuk fokus pada pekerjaan rumah, ataupun ketika kamu sedang terganggu dan membutuhkan dorongan konsentrasi seketika, Bucu menyarankan untuk mempraktikkan rutinitas konsentrasi singkat ini:

1. Jeda atau berhenti sejenak.
2. Tarik dan buang napas secara perlahan.
3. Perhatikan apa yang terjadi pada dalam dirimu (apa yang kamu pikirkan) dan dunia luarmu (apa yang terjadi di sekitarmu)
4. Catat semuanya dan akui bahwa ini sudah cukup.
5. Pindahkan fokus perhatian kamu pada pernapasan kamu lagi.
6. Letakkan perhatian kamu pada tempat yang seharusnya kamu butuhkan.

Pilihan Editor: 4 Cara Sederhana Meningkatkan Konsentrasi saat Bekerja

WIDYA FITRIANINGSIH | SCMP

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."