Bukan Awet Muda, Ini Tips Menua dengan Menawan dan Tetap Gaya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita cantik. shutterstock.com

Ilustrasi wanita cantik. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Usia tua adalah proses yang akan menimpa pada kita semua, tetapi tidak ada dalam buku aturan manapun yang mengatakan bahwa kita tidak dapat melakukan segala sesuatu yang mungkin untuk menua dengan menawan dan gaya. 

Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk membantu memperlambat proses penuaan atau awet muda setidaknya untuk beberapa tahun lagi.

1. Pakai Sunscreen Setiap Hari 

Kita semua tahu betapa pentingnya menggunakan tabir surya saat kamu keluar menikmati cuaca hangat, tetapi tahukah kamu bahwa tabir surya dapat membantu menjaga kulitmu tetap awet muda selama kamu menggunakannya setiap hari. Sebuah penelitian menemukan bahwa lebih dari 80 persen penuaan yang terlihat pada wajah dapat dikaitkan langsung dengan paparan sinar matahari. Cara yang baik untuk diingat adalah dengan membiasakan diri memakai tabir surya saat kamu menyikat gigi di pagi hari.  Jika kamu menggunakan pelembab wajah, pilihlah yang mengandung SPF agar kulitmu terlindungi sepanjang hari. 

2. Tidur yang Cukup

Kurang tidur tidak hanya berdampak buruk bagi tubuhmu, tetapi juga bagi DNA pada tubuhmu. Telomere adalah bagian dari DNA yang mengindikasikan usia sel, semakin pendek telomere yang kamu hasilkan semakin tua pula usia sel mu.  Kerusakan dapat menyebabkan telomere memendek secara artifisial, sehingga membuat kamu menua lebih cepat. Dua penelitian, satu yang berfokus pada pria dan satu lagi pada wanita, keduanya menemukan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan telomere yang lebih pendek. Mereka yang tidak cukup tidur ditemukan memiliki telomere yang memendek, membuat mereka setara dengan 5 hingga 9 tahun lebih tua dari usia biologis mereka.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Diet yang sehat, adalah yang tinggi protein dan lemak sehat seperti Omega-3, hal ini dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan bahkan dapat membantu memperpanjang umur manusia. Jangan terpancing oleh diet rendah kalori atau diet 'kelaparan' rendah kalori yang berbahaya yang mengklaim bahwa mengurangi asupan kalori hingga mencapai tingkat kelaparan akan membantu memperpanjang usiamu. Diet ini tidak didukung oleh ilmu pengetahuan dan bisa berbahaya. Sebaliknya, fokuslah pada diet yang dipenuhi dengan protein tanpa lemak, buah-buahan dan sayuran segar, biji-bijian, dan sumber Omega3 dan asam lemak sehat lainnya.  Perhatikan berat badanmu, obesitas telah terbukti dapat memperpendek usia hingga 6-7 tahun.

4. Kurangi Stres

Stres adalah bagian normal dari kehidupan, tetapi stres yang berlebihan sebenarnya dapat mempersingkat umurmu. Ingat telomere yang telah disebutkan sebelumnya? Penelitian telah menemukan bahwa stres kronis dapat menyebabkan kerusakan pemendekan telomere yang sama dengan kurang tidur, yaitu membuat sel menua secara artifisial. Jika memungkinkan, lakukan beberapa langkah untuk mengurangi jumlah stress dalam hidupmu.  Menambahkan meditasi atau pelatihan kesadaran juga dapat membantu mengatasi stres yang tidak dapat kamu hilangkan sepenuhnya.

Tips yang didukung oleh sains untuk tetap awet muda ini dapat kamu mulai jauh sebelum kamu mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan, tetapi jika kamu tidak lagi berusia muda, kamu masih dapat memperoleh manfaat dari perubahan gaya hidup yang sederhana ini.

Pilihan Editor: 5 Makanan Ini Bikin Awet Muda, dari Cokelat Hitam hingga Buah Delima

WIDYA FITRIANINGSIH | THE STYLE BOUQUET 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."