5 Makanan Ini Bikin Awet Muda, dari Cokelat Hitam hingga Buah Delima

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wajah remaja dengan kulit sehat dan bercahaya. Freepik.com/Studioredcup

Ilustrasi wajah remaja dengan kulit sehat dan bercahaya. Freepik.com/Studioredcup

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Seiring bertambahnya usia, makanan yang kita makan dapat sangat memengaruhi kebugaran, penampilan, kualitas hidup, awet muda, dan risiko penyakit . Tubuh kita mengandalkan berbagai nutrisi untuk mendukung proses penuaan alami. Beberapa nutrisi dapat membantu memperlambat tanda-tanda penuaan, seperti meningkatkan kesehatan kulit.

Penting untuk diperhatikan bahwa mengonsumsi makanan tertentu tidak akan membuat Anda terlihat lebih muda, dan nutrisi hanyalah salah satu aspek dari penuaan yang baik.
Tetap saja, menambahkan makanan padat nutrisi ke dalam diet Anda dapat membantu Anda terlihat dan merasa terbaik seiring bertambahnya usia. 

Banyak jalan agar tampil awet muda, salah satunya dengan mengonsumi jenis makanan berikut ini. 

1. Minyak zaitun extra virgin

Ilustrasi menambahkan minyak zaitun dalam salad. Freepik.com/Yanalya

Minyak zaitun extra virgin adalah salah satu minyak tersehat di dunia. Kaya akan lemak sehat dan antioksidan yang membantu mengurangi peradangan dan kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh ketidakseimbangan radikal bebas dalam tubuh (1).

Pola makan yang kaya minyak zaitun dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, sindrom metabolik, jenis kanker tertentu
Secara khusus, lemak tak jenuh tunggal (MUFAs) membentuk sekitar 73 persen dari minyak zaitun. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa diet kaya MUFA dapat membantu mengurangi penuaan kulit berkat efek antiinflamasi yang kuat dari lemak sehat ini. 

Minyak zaitun extra virgin juga tinggi antioksidan, seperti tokoferol dan beta karoten, serta senyawa fenolik yang juga memiliki sifat antiradang. Faktanya, satu studi tahun 2012 menemukan bahwa orang yang mengonsumsi makanan kaya MUFA dari minyak zaitun memiliki risiko lebih rendah mengalami penuaan kulit yang parah.

Idealnya, pilih minyak zaitun extra virgin yang diperas dingin karena lebih tinggi antioksidan dan lebih sedikit diproses daripada minyak yang diekstrak menggunakan metode lain. Coba tambahkan ke salad atau saus. 

2. Alpukat

Ilustrasi alpukat. Freepik.com/Jcomp

Alpukat kaya akan lemak, serat, dan beberapa vitamin dan mineral yang menyehatkan jantung yang penting untuk kesehatan .Kandungan lemak tak jenuh tunggalnya yang tinggi dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dengan mendukung membran kulit yang sehat, sedangkan kandungan antioksidannya yang tinggi dapat melawan radikal bebas yang merusak dan menua kulit. 

Misalnya, satu penelitian menunjukkan bahwa pola makan yang kaya lemak nabati dikaitkan dengan kesehatan kulit yang lebih baik pada orang dewasa yang lebih tua. Mempertimbangkan rasa lezat dan keserbagunaan alpukat, menambahkannya ke dalam makanan Anda adalah cara mudah untuk mendapatkan nutrisi ekstra untuk kesehatan kulit.

3. Ikan Berlemak

Ilustrasi ikan salmon. Foto: Unsplash/Caroline Attwood

Ikan berlemak adalah makanan bergizi tinggi yang dapat meningkatkan kesehatan kulit.
Lemak omega-3 rantai panjangnya bermanfaat melawan penyakit jantung, peradangan, dan banyak masalah lainnya.

Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 terkait dengan pelindung kulit yang kuat dan dapat membantu mengurangi peradangan yang merusak kulit. Salmon, salah satu jenis ikan berlemak yang paling populer, memiliki aspek tambahan yang dapat membantu mendukung kesehatan kulit Anda.

Pertama, mengandung antioksidan karotenoid yang disebut astaxanthin, yang bertanggung jawab atas warna merah jambu salmon. Dalam sebuah penelitian, orang dengan kulit rusak akibat sinar matahari mengonsumsi kombinasi astaxanthin dan kolagen selama 12 minggu.

Hasilnya, mereka mengalami peningkatan signifikan dalam elastisitas dan hidrasi kulit. Namun, meskipun hasil ini tampak positif, tidak diketahui apakah efeknya disebabkan oleh astaxanthin, kolagen, atau keduanya.

Plus, salmon dan ikan berlemak lainnya tinggi protein, yang penting untuk dimakan agar tubuh Anda bisa memproduksi kolagen dan elastin. Kedua molekul ini bertanggung jawab atas kekuatan, kekenyalan, dan elastisitas kulit. 

Akhirnya, ikan tinggi selenium. Mineral dan antioksidan ini berperan dalam sintesis dan perbaikan DNA serta dapat membantu mengurangi dan mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV. Memiliki kadar yang cukup dalam tubuh dapat mengurangi keparahan penyakit kulit seperti psoriasis

4. Cokelat hitam atau coklat

Cokelat Hitam. Unsplash.com/Charisse Kenion

Cokelat hitam adalah sumber polifenol yang kaya, yang bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh. Secara khusus, ini mengandung flavanol, yang dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, seperti penurunan risiko penyakit jantung,  diabetes tipe 2, penurunan kognitif. 

Selain itu, diet kaya flavanol dan antioksidan lain dianggap dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan membantu memperlambat penuaan kulit.
Dalam satu studi 24 minggu berkualitas tinggi, peserta yang mengonsumsi minuman kakao kaya flavanol mengalami peningkatan elastisitas kulit dan kerutan wajah yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. 

5. Buah Delima

Ilustrasi delima. Unsplash.com/Laura

Seperti kebanyakan buah, buah delima penuh dengan nutrisi sehat. Mereka tinggi serat, potasium, dan vitamin K, yang membantu mendukung kesehatan jantung. Mereka juga kaya akan antioksidan, seperti flavonol, tanin, asam fenolik, dan lignan. 

Beberapa penelitian pada manusia dan hewan menunjukkan bahwa antioksidan yang ditemukan dalam buah delima juga dapat membantu mendukung penuaan kulit yang sehat dengan mengurangi kerusakan kulit akibat sinar UV dan bintik-bintik coklat yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. 

Antioksidan ini juga membantu melindungi kolagen kulit yang ada dan mendorong kulit untuk membuat kolagen baru. Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian, biji delima dan jusnya dapat menyediakan sumber antioksidan yang cepat dan bergizi dalam makanan.

Pilihan Editor: Jennifer Lopez bagi Rahasia Kulit Awet Muda, Jangan Lupa Tabir Surya

HEALTHLINE  

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."