Mengenal Hair Botox dan Manfaatnya untuk Rambut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita merawat rambut. Freepik.com/Valuavitaly

Ilustrasi wanita merawat rambut. Freepik.com/Valuavitaly

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Hair botox salah satu cara membuat rambut lebih lembap, kencang, halus dan berkilau. Bukan cuma itu, juga bisa mengatasi rambut rusak dan menutrisi rambut. Meski namanya botox, perawatan rambut ini tanpa jarum, lebih ke arah perawatan deep conditioning seperti masker rambut.

Sederhananya, hair botox adalah istilah pemasaran untuk menunjukkan bahwa rambut kamu akan terlihat segar dan hidup kembali. Setelah mendengar kata hair botox, kamu mungkin akan mendapatkan dorongan kepercayaan diri yang sama seperti yang kamu dapatkan dari kulitmu yang terlihat kencang dan kenyal, jelas dokter kulit bersertifikat Dr. Sheila Farhang, dikutip dari laman Allure, pada 3 Februari 2023.

Lantas, apa bedanya perawatan hair botox dengan pemakaian kondisioner atau masker rambut biasa? Jawabannya adalah kandungan kolagen. Ahli kimia kosmetik Ginger King mengatakan bahwa kolagen menjadi pembeda bahan utama antara hair botox dan masker deep conditioning biasa.

“Kolagen tidak menembus rambut atau kulit kepala, tapi bisa melapisi rambut agar lebih berisi dan halus.” Karena kolagen tidak bekerja di bawah permukaan, kamu harus cukup sering mengulangi prosesnya," ujar King. Ia menyarankan memakainya tiga hari sekali. 

Protein dari kolagen dapat mengikat helai rambut sekaligus mengisi area rambut yang rusak atau bercabang. Kelembapan juga merupakan kunci untuk rambut yang sehat dan berkilau. Bahan pelembap memang bervariasi antara produk dan formulasi, di antaranya adalah minyak kaviar hitam, minyak jojoba, minyak argan, dan minyak macadamia. Antioksidan seperti vitamin E dan C juga membantu memulihkan kutikula rambut, jelas Dr. Farhang. King menambakan antioksidan juga dapat membantu mencegah kerontokan rambut.

Bahan-bahan produk hair botox

Biasanya, bahan-bahan utama hair botox juga digunakan dalam perawatan untuk mengembalikan ketebalan rambut. Selain kolagen, ada juga keratin, vitamin B5 dan E.

Bahan-bahan utama ini membantu menghaluskan rambut. Karena produk disegel ke dalam kutikula menggunakan besi datar setelah dioleskan selama lebih dari satu jam, itu tidak akan mengubah tekstur rambut sepenuhnya.

Ini memang menghaluskan tetapi tidak menjamin rambut lurus yang tepat seperti layanan pelurusan lainnya. Faktanya, jika rambut keriting atau sangat bergelombang, mungkin tidak menunjukkan hasil pelurusan sama sekali. Oleh karena itu, jika tujuan akhir hair botox adalah rambut yang terhidrasi dengan baik.

Baca juga: 8 Vitamin Rambut yang Bagus Beserta Harganya 

WIDYA FITRIANINGSIH | ALLURE | TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."