Manfaat Jalan Kaki setelah Makan Makanan Tinggi Karbohidrat atau Gula

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita berjalan kaki. Freepik.com

Ilustrasi wanita berjalan kaki. Freepik.com

IKLAN

Bukan Berarti Bebas Makan Tinggi Gula atau Karbohidrat

Mendengar manfaat jalan kaki, secara alami, setiap pecinta kue, roti, atau soda akan bertanya-tanya. Apakah ini berarti saya bisa makan apa pun yang saya inginkan, selama saya berjalan setelahnya? Apakah berjalan kaki benar-benar mengurangi semua efek negatif gula, atau hanya sebagian saja.

Menurut Amaral, jalan kaki cukup efektif untuk menurunkan gula darah dengan asupan makronutrien yang normal, tetapi luasnya manfaat penurun gula darah semuanya tergantung pada beban, atau jumlah gula, yang diambil, dan nutrisi lain yang dikonsumsi pada saat yang sama.

Seperti yang dia jelaskan, jika Anda mendapatkan aliran gula dalam jumlah besar — misalnya, Anda minum Coca-Cola dengan perut kosong, yang mengantarkan 30 gram gula langsung ke aliran darah Anda — jalan-jalan setelah makan tidak akan berhasil.

Namun, jika Anda menyesap soda dengan sumber protein, lemak sehat, atau serat, Anda akan mengalami lebih sedikit lonjakan.

"Serat membantu menumpulkan respons glukosa dengan membutuhkan waktu lebih lama untuk membelah, mencerna, dan menyerap," kata Amaral. 

Tentu saja, jalan kaki etelah makan yang terbaik tidak akan sepenuhnya menghapus konsekuensi negatif dari asupan gula yang tinggi. "Ini tidak akan sepenuhnya meniadakan efek buruk dari makan gula dan makanan olahan, terutama karena mereka masih dapat mengaktifkan jalur pro-inflamasi," kata Amaral.

Dia juga menunjukkan bahwa setiap orang memiliki respons metabolisme yang sedikit berbeda terhadap makanan. (Dia memiliki pasien yang mengikuti diet yang sama persis dan masih memiliki variasi gula darah yang sangat besar.) Satu studi menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti komposisi mikrobioma usus dan laboratorium individual dapat menentukan bagaimana Anda merespons olahraga setelah makan.

Kesimpulannya, jalan kaki setelah makan adalah alat yang cukup ampuh untuk menjaga kesehatan gula darah lebih baik, terutama setelah makan yang cenderung meningkatkan gula darah. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, tunggu 30 menit, berjalanlah dengan kecepatan ringan hingga sedang, dan fokuslah untuk memasukkan lebih banyak lemak, protein, dan serat yang sehat ke dalam setiap makanan.

Baca juga: 6 Manfaat Jalan Kaki secara Rutin, Baik untuk Jantung, Gula Darah hingga Atasi Stres

MIND BODY GREEN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."