Tren Belanja Online Awal Tahun, Set Top Box dan Sunscreen Laku Keras

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
ilustrasi sunscreen (pixabay.com)

ilustrasi sunscreen (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Belanja online menjadi salah satu kegiatan yang semakin umum dilakukan masyarakat. Dari kegiatan belanja online itu, ada beberapa kategori yang laris manis pada awal tahun 2023. Tokopedia mencatat kategori Elektronik, Perawatan Diri, Fashion, Rumah Tangga dan Kesehatan menjadi beberapa kategori yang paling dicari masyarakat. “Produk paling laris di kategori Elektronik Tokopedia, yaitu set top box (STB) tv digital, lampu LED dan mouse nirkabel,” kata Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya dalam keterangan pers yang diterima Cantika pada 7 Februari 2023.

Di sisi lain, di kategori Perawatan Diri, sunscreen, pelembab kulit dan pembersih wajah menjadi produk yang paling banyak dicari masyarakat.  Pada kategori Fashion, Tokopedia mencatat produk seperti pashmina, t-shirt dan sneakers sangat diminati. 

Pada kategori Rumah Tangga di Tokopedia, masyarakat paling banyak membeli produk seperti teko listrik, rak sepatu serta bantal dan guling. Sementara di kategori Kesehatan, masker, vitamin dan tisu menjadi produk yang paling diserbu masyarakat melalui Tokopedia.

“Untuk terus mengakomodasi tingginya animo masyarakat dalam belanja online lewat Tokopedia, kami terus memperkuat inisiatif berpendekatan Hyperlocal demi mendekatkan penjual dan pembeli di mana pun mereka berada, misalnya Kumpulan Toko Pilihan dan Dilayani Tokopedia,” kata Ekhel.

“Berkat berbagai inisiatif, kami melihat tren menarik lain dari perilaku belanja online masyarakat sepanjang Januari 2023. Contohnya, pengiriman terjauh–dari transaksi yang terjadi melalui Tokopedia–adalah dari Banda Aceh ke Merauke,” kata Ekhel. 

Tokopedia juga mencatat wilayah dengan peningkatan jumlah penjual paling tinggi pada awal tahun ini. Daerah itu adalah Kabupaten Asmat (Papua), Lombok Utara (Nusa Tenggara Barat), Mappi (Papua Selatan), Manggarai Timur (Nusa Tenggara Timur) dan Konawe Utara (Sulawesi Tenggara). Sedangkan wilayah dengan peningkatan jumlah pembeli paling tinggi, antara lain Kabupaten Maluku Barat Daya (Maluku), Malaka (Nusa Tenggara Timur), Lombok Utara (Nusa Tenggara Barat), Kepulauan Yapen (Papua) dan Pulau Morotai (Maluku Utara). 

Selain itu, wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi paling tinggi, yaitu Kabupaten Lombok Utara (Nusa Tenggara Barat), Kepulauan Yapen (Papua), Kepulauan Aru (Maluku), Mappi (Papua Selatan) dan Sabu Raijua (Nusa Tenggara Timur).

Baca: 5 Tips Hemat Belanja Online, Luangkan Waktu Membandingkan Harga

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."