5 Tips Hemat Belanja Online, Luangkan Waktu Membandingkan Harga

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi belanja online / e-commerce. freepik.com

Ilustrasi belanja online / e-commerce. freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Belanja online sudah menjadi gaya hidup sejumlah orang. Alasannya beragam mulai dari praktis, tak perlu antre membayar, hingga barang diantar ke rumah. Ditambah pula, banyak pula promo menarik seperti diskon atau cashback di tanggal-tanggal cantik setiap bulannya.

Dengan sederet kemudahan itu, beberapa orang menjadi kalap saat belanja online. Untuk mencegah hal itu terjadi, simak tips hemat belanja online.

1. Bandingkan Harga sebelum Membeli

Ketika Anda meluangkan waktu untuk mencari penawaran harga yang lebih rendah, Anda sudah langkah menghemat uang saat belanja.

“Jangan pernah membeli apa pun secara online atau di toko tanpa membandingkan harga dengan toko lainnya,” kata Andrea Woroch, pakar konsumen dan penghematan uang. “Sebab Anda bisa mendapatkan penawaran harga yang lebih baik atau diskon di toko lain."

2. Periksa Riwayat Harga

Woroch juga merekomendasikan untuk memeriksa riwayat harga. Karena ini dapat memberi tahu Anda apakah harga yang diberikan sudah dengan potongan harga sebenarnya atau hanya trik penjualan saja.

“Penjual mungkin mencoba mengakali Anda agar berpikir bahwa harga yang diberikan adalah  kesepakatan terbaik yang akan Anda dapatkan, tetapi riwayat harga sebelumnya bisa jadi gambaran,” jelas Woroch.

3. Dapatkan Promo

Beragam promo yang ditawarkan saat belanja online, mulai dari diskon, cashback, hingga ongkos kirim gratis. Manfaatkan kemudahan itu dengan seoptimal mungkin. 

“Kebanyakan pengecer online menawarkan kupon—ini bisa berupa kupon untuk pembelanja baru atau pelanggan email mendapatkan potongan atau ongkos kirim (ongkir) gratis,” jelas Woroch.

Selain kupon dan potongan harga, jangan lewatkan kesempatan mendapatkan cashback. Sekali lagi, cek terlebih dahulu sebelum membayar, terlebih jika Anda membayar dengan kartu kredit.

4. Berlangganan Program Loyalitas dan Buletin

Sebagian besar program loyalitas bebas untuk bergabung, jadi tidak ada salahnya untuk berlangganan program ini untuk tetap mendapat informasi tentang penawaran, penjualan kilat mendatang, dan produk baru.

“Selain itu, sangat umum bagi pengecer untuk menawarkan kode diskon khusus kepada pelanggan baru,” kata McGrath.

Jika Anda berbelanja dengan pengecer untuk pertama kalinya, daftarlah ke buletin satu atau dua hari sebelum Anda perlu melakukan pembelian untuk memastikan bahwa kode promo sampai kepada Anda.

5. Rencanakan Daftar Belanja

Alih-alih membeli sesuatu segera setelah Anda menginginkannya, buat daftar keinginan dan tunggu acara obral, seperti promo akhir pekan atau tanggal cantik. “Itu bisa memungkinkan Anda menghemat uang karena mendapatkan penawaran harga terbaik saat belanja online. Bisa jadi barang yang Anda inginkan turun harganya,” jelas McGrath.

REAL SIMPLE



Baca juga: Tips Belanja Online Agar Tidak Terkecoh Membeli Barang KW

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."