Cara Melipat Baju di Gantungan, dari Celana Jeans hingga Gaun

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pakaian digantung di gantungan bahan kayu. Foto: Unsplash.com/Priscilla Du Preez

Ilustrasi pakaian digantung di gantungan bahan kayu. Foto: Unsplash.com/Priscilla Du Preez

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Melipat pakaian pada gantungan merupakan salah satu langkah yang cerdas dalam mengatasi tumpukan baju dan mencegah baju kusut. Lantas, seperti apa cara melipat baju di gantungan yang tepat? Kuncinya adalah sesuai jenis bahan dan model pakaian.

Sebelum mengulik caranya, kita ketahui juga bahwa pemilihaan gantungan berperan penting, menurut Janelle Cohen, penulis The Folding Book yang juga ahli di bidang dekorasi dan interior.

“Gantungan jelas merupakan preferensi pribadi, dan kuncinya adalah Anda ingin semuanya sama. Gantungan yang serasi menciptakan estetika yang ramping dan membantu memaksimalkan ruang,” jelas Cohen, seperti dikutip dari laman Real Simple, 2 Februari 2023.

Cohen menyarankan memilih gantungan baju berbahan kayu tipis guna mencegah kemungkinan noda menguning di bagian atas. Sebab hal itu bisa terjadi pada gantungan atau hanger besi. Jika ruang Anda terbatas, gantungan flanel berwarna terang adalah pilihan terbaik. Warna gelap cenderung memudar, jadi warna yang lebih terang lebih disukai.

Berikut cara melipat baju di gantungan, dari celana hingga gaun

1. Cara Melipat Celana di Gantungan

Menyimpan celana di gantungan baik celaana jeans atau celana hitam adalah cara ideal untuk menyimpannya. Caranya, melipat celana menjadi dua sisi, bawa sisi kanan ke kiri, kemudian geser ke atas gantungan, kemudian pastikan bagian pinggang bertemu dengan pergelangan kaki, jelas Cohen. Kemudian, posisikan celana yang ada kantongnya menghadap ke luar lemari.

2. Cara Melipat Rok di Gantungan

Jika rok kamu cukup lebar, maka lipatlah menjadi dua terlebih dahulu, lalu geser ke atas gantungan. Jika rok kamu selebar gantungan, jaga agar tetap rata dan letakkan di atasnya. Lipat rok menjadi dua sisi dengan bagian pinggang bertemu dengan bagian bawah rok. Tujuannya berat rok seimbang di gantungan, kata Cohen.

3. Cara Melipat Gaun Panjang di Gantungan

Ada dua cara untuk melipat gaun maksi atau gaun panjang jenis lain di gantungan baju. Kamu bisa menggunakan cara yang sama untuk melipat rok, atau menggantung gaun seperti biasa.

“Ambil gantungan kedua dan geser bagian bawah gaun ke gantungan itu. Ini adalah opsi terbaik untuk mencegah kerutan, meski membutuhkan lebih banyak gantungan dan memakan lebih banyak ruang," kata Cohen.

4. Cara Melipat Sweter di Gantungan

Cohen menyarankan untuk meletakkan sweter menghadap ke bawah pada permukaan yang rata, lalu melipatnya menjadi dua dengan membawa sisi kanan ke sisi kiri.

“Letakkan gantungan di tengah sweater, di antara lengan dan bawah. Bagian atas gantungan harus berlawanan dengan garis leher. Selipkan lengan baju ke salah satu sisi gantungan. Kemudian, selipkan bagian bawah sweter ke sisi lain gantungan,” kata Cohen.

Terakhir, Cohen menyarankan agar atasan dan pakaian olahraga tidak digantung agar menjaga usia pakainya lebih tahan lama.

Baca juga: Tujuh Cara Agar Kaus Tidak Mudah Belel, Jangan Gunakan Pemutih

WIDYA FITRIANINGSIH | REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."