Risiko Tidur Dekat Ponsel yang Wajib Kamu Tahu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita santai di tempat tidur. Freepik.com/Wayhomestudio

Ilustrasi wanita santai di tempat tidur. Freepik.com/Wayhomestudio

IKLAN

Meski begitu, banyak bukti yang menghubungkan penggunaan ponsel di malam hari dengan kualitas tidur buruk. Menggunakan ponsel sebelum tidur dapat mempersulit tertidur karena kombinasi cahaya biru penekan melatonin dan konten yang merangsang. Itu sebabnya, ponsel di dekat tempat tidur dapat menimbulkan lebih banyak masalah setelah ketika tertidur.

"Tiba-tiba bunyi bip, dengungan, atau suara lain yang berasal dari ponsel sudah cukup untuk membangunkan dari tidur," kata Peter A. Fotinakes, Direktur Medis Pusat Gangguan Tidur di Rumah Sakit Providence St. Joseph di Orange County, California.

"Jika telepon memberi sinyal panggilan masuk atau teks, orang mungkin terpaksa bangun sepenuhnya untuk merespons. Kalaupun memilih untuk tidak merespons, Anda berbaring di tempat tidur sambil memikirkan siapa yang menelepon atau mengirimi SMS pada pukul 2:00 pagi."

Jadi, hal itulah yang menurunkan kualitas tidur. Ini akan menyebabkan tidur lebih sedikit dibandingkan jika ponsel tidak ada di kamar tidur, rata-rata, sekitar 48 menit lebih sedikit, menurut sebuah studi Oktober 2018 di ‌PLOS One‌.

Imbauan Jarak Ponsel saat Tidur

Ada yang mengatakan bahwa ponsel sebaiknya berjarak setidaknya 3 kaki saat sedang tidur, tetapi tidak ada bukti ilmiah yang mendukung hal ini. Dari perspektif kualitas tidur, sebaiknya jauhkan ponsel dari kamar agar tidak terbangun dari tidur karena notifikasi atau tetap terjaga dengan bermain ponsel.

Jadi, tidur dekat ponsel tidak mungkin menjadi senjata yang mematikan. "Risiko [kanker] cukup rendah. Radiasinya tidak menembus secara mendalam," kata Weiss. Namun, tidur dekat ponsel bisa mengganggu istirahat yang memengaruhi tingkat energi dan suasana hati keesokan harinya. Lama-kelamaan ini juga akan mengganggu kesehatan secara umum. Jadi, ada baiknya meletakkannya di ruangan lain saat naik ke tempat tidur.

Baca juga: 3 Manfaat Tidur untuk Kesehatan Otak

ANTARA | MILA NOVITA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."