Gaun Ungu Putri Diana Terjual Senilai Rp9 Miliar, Nama Pembeli Tak Disebut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Gaun ungu Putri Diana ini akan dilelang dan menjadi salah satu gaunnya yang pertama kali dilelang dalam 25 tahun sejak kematiannya yang tragis. Berdasarkan laman Sotheby's, gaun ungu itu diperkirakan bakal laku dengan harga mulai 80 ribu dollar ASatau sekitar Rp1,25 miliar dengan harga tertinggi diperkirakan 120 ribu dollar AS atau sekitar Rp1,87 miliar. Dok. Sotheby's

Gaun ungu Putri Diana ini akan dilelang dan menjadi salah satu gaunnya yang pertama kali dilelang dalam 25 tahun sejak kematiannya yang tragis. Berdasarkan laman Sotheby's, gaun ungu itu diperkirakan bakal laku dengan harga mulai 80 ribu dollar ASatau sekitar Rp1,25 miliar dengan harga tertinggi diperkirakan 120 ribu dollar AS atau sekitar Rp1,87 miliar. Dok. Sotheby's

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu gaun ikonik Putri Diana, yakni gaun ungu sudah dilelang pada pekan lalu. Gaun malam berwarna ungu terung rancangan Victor Edelstein pada tahun 1989 itu dijual di rumah lelang Sotheby di New York pada Jumat, 27 Januari 2023. Berapa harganya?

Gaun yang pernah dipakai beberapa kali oleh Putri Diana selama tahun 90-an itu dibanderol USD$604.800 atau sekitar Rp9 miliar, lima kali lipat dari prakiraan pra-lelang. Pada awal Januari silam, diperkirakan harga gaun itu mencapai Rp1,87 miliar.

Gaun berwarna ungu tersebut terbuat dari bahan beludru sutra. Soal detail, gaun strapless itu memiliki garis leher yang manis dan ruching yang rumit di sekitar korset. Roknya berbentuk tulip dan diamante emas halus. Juga terdapat kancing mutiara di bagian belakang gaun.

Gaun ungu tersebut adalah bagian dari lelang amal mendiang kerajaan dari 79 gaun yang secara kolektif mengumpulkan lebih dari USD3,25 juta untuk lima badan amal favoritnya pada tahun 1997.

"Putri Diana telah lama terkenal dan dipuji karena selera gayanya yang tak lekang oleh waktu, dan gaun pesta yang dipesan lebih dahulu dan canggih ini, dirancang oleh Victor Edelstein, merangkum keanggunan tanpa usaha Putri Diana," kata Cynthia Houlton, Sotheby's Global Head of Fashion and Accessories dalam sebuah pernyataan.

Gaun ungu Putri Diana ini akan dilelang dan menjadi salah satu gaunnya yang pertama kali dilelang dalam 25 tahun sejak kematiannya yang tragis. Berdasarkan laman Sotheby's, gaun ungu itu diperkirakan bakal laku dengan harga mulai 80 ribu dollar ASatau sekitar Rp1,25 miliar dengan harga tertinggi diperkirakan 120 ribu dollar AS atau sekitar Rp1,87 miliar. Dok. Vanity Fair; Dok.Sotheby's

"Penjualan gaun bersejarah hari ini adalah pengingat warisan abadi Putri Diana yang terus menginspirasi orang di seluruh dunia."

Sementara itu, pembeli gaun ungu ikonik itu tidak disebutkan namanya. Pembeli tersebut mengalahkan tiga penawar lainnya dalam "pertempuran" yang berlangsung empat setengah menit menurut rumah lelang Sotheby. 

Momen Putri Diana Memakai Gaun Ungu

Ibu Pangeran William dan Pangeran Harry itu diketahui memakai gaun ungu tersebut di beberapa momen penting selama dekade terakhir hidupnya. Ia mengenakan gaun tersebut saat potret kerajaan oleh Lord Snowdon pada tahun 1991, yang kemudian digunakan sebagai inspirasi untuk potret Douglas Hardinge Anderson tentang dirinya yang sekarang digantung di Rumah Sakit Royal Marsden, tempat dia menjabat sebagai presiden selama delapan tahun.

Gaun ungu tua itu bagian koleksi Edelstein's Autumn 1989. Berdasarkan Sotheby's, sang desainer merancang tampilan khusus untuk sang Putri lebih dari satu dekade. Dok. Sotheby's

Pada tahun 1997, Putri Diana kembali memakai gaun tersebut untuk pemotretan Vanity Fair dengan fotografer Mario Testino. Berjudul "Diana Reborn", majalah mode edisi Juli itu menampilkan obrolan terbuka dengan Diana dan beberapa teman terdekatnya tentang keputusan melelang gaun untuk amal.

"Tidak ada yang memberi saya lebih banyak kesenangan sekarang daripada bisa mencintai dan membantu orang-orang di masyarakat kita yang rentan," kata Putri Diana dalam wawancara, yang potretnya merupakan foto resmi terakhirnya yang diambil sebelum kematiannya pada Agustus 1997.

Baca juga: Mengenang Putri Diana, Desainer Elizabeth Emanuel: Lebih dari Sekadar Ikon Fashion

PEOPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."