Catat, Ini Suplemen yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita minum suplemen. Foto : Freepik

Ilustrasi wanita minum suplemen. Foto : Freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Suplemen berfungsi memberikan asupan nutrisi untuk tubuh. Umumnya, suplemen diproduksi secara mekanik. Karena diproduksi secara mekanik, suplemen biasanya mengandung lebih dari tiga macam vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk mengoptimalkan fungsi suplemen, Anda harus jeli ada sejumlah suplemen yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan karena dapat berdampak buruk pada kesehatan. Berikut lima di antaranya.

1. Teh Hijau dan Zat Besi

Tahukah Anda bahwa teh hijau mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi? Sementara kita semua tahu bahwa vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Tapi faktanya, teh hijau yang dianggap sebagai salah satu minuman paling sehat justru mengganggu penyerapan zat besi.

Zat besi merupakan elemen penting tubuh dan memainkan peran sentral dalam kekebalan tubuh. Oleh karena itu jika Anda meminum teh hijau, pastikan Anda tidak berlebihan.

2. Magnesium dan Kalsium

Ini adalah duo berbahaya lainnya yang tidak boleh disatukan. Magnesium membantu penyerapan kalsium dan mencegah masalah pada tulang seperti osteoporosis. Namun, mengonsumsi kedua suplemen tersebut secara bersamaan mengurangi penyerapan magnesium.

Hal ini menyebabkan kekurangan magnesium, elemen penting yang dibutuhkan untuk fungsi saraf dan otot, gula darah dan kontrol tekanan darah. Kadar magnesium yang rendah ditemukan pada orang yang lebih tua, menderita diabetes tipe 2 atau memiliki penyakit gastrointestinal.

3. Vitamin C dan Tembaga

Manfaat vitamin C sudah banyak diketahui mulai dari meningkatkan kekebalan hingga menurunkan tekanan darah. Tembaga juga merupakan elemen penting, yang menciptakan jaringan ikat dan berkontribusi untuk menurunkan risiko yang terkait dengan masalah jantung. Namun, meski begitu penting, kedua suplemen ini tidak boleh dikonsumsi bersamaan karena vitamin C mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap tembaga.

4. Vitamin D, E dan K

Ketika dibahas secara terpisah kita mengetahui bahwa masing-masing vitamin ini sangat penting bagi tubuh manusia. Tetapi dokter menyarankan untuk tidak mengonsumsi suplemen vitamin ini sekaligus. Karena bila dikonsumsi bersamaan penyerapan vitamin K terganggu oleh vitamin D dan E. Oleh karena, itu sebaiknya konsumsi vitamin ini dengan jarak waktu 2 jam.

5. Tembaga dan Zinc

Tembaga dan seng atau zinc termasuk suplemen yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan. Zinc mengurangi kemungkinan tembaga terserap dalam tubuh. Oleh karena itu, orang yaang mengonsumsi dua supelemn tersebut secara bersamaan akan kelelahan, sensitif terhadap dingin, dan tulang rapuh. Jika diperlukan, suplemen tembaga dan seng harus diminum dalam jarak waktu dua jam untuk memaksimalkan peluang penyerapannya.

Baca juga: Waktu Terbaik Minum Suplemen

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."