3 Cara Mengatasi Flek Hitam di Tangan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan memakai krim di tangan. Foto: Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi perempuan memakai krim di tangan. Foto: Freepik.com/Jcomp

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Flek hitam terkadang disebut bintik usia atau bintik matahari adalah salah satu masalah perawatan kulit yang paling umum bagi orang berusia 30-an. Flek tersebut merupakan hasil dari produksi pigmen berlebihan di kulit, yang sering dipicu oleh paparan sinar ultraviolet, kerusakan, dan peradangan. Flek hitam bisa muncul di mana saja, mulai dari wajah, leher, dada, dan tangan. Kali ini, kita membahas penyebab dan cara mengatasi flek hitam di tangan.

Flek hitam di tangan adalah kasus khusus. Tangan lebih sering terpapar sinar matahari daripada bagian tubuh lainnya, menjadikannya tempat alami munculnya tanda-tanda kerusakan sinar ultaraviolet. Selain itu, tangan mengalami lebih banyak keausan dibandingkan dengan kulit di tempat lain—yang berarti kulit seringkali lebih kering dan sensitif. Ini berarti tangan akan sering mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan sebelum bagian tubuh lainnya.

Tapi tak perlu risau, dengan perawatan topikal yang tepat, Anda bisa memudarkan flek hitam di tangan. Pastikan untuk merawat kulit dengan lembut, tapi jangan juga berlebihan. Terlalu agresif dengan topikal yang kuat dapat membuat kulit pecah-pecah, kering, dan teriritasi. Berikut ini beberapa cara mengatasi flek hitam di tangan.

1. Prioritaskan Hidrator Kaya Antioksidan Setiap Hari

Tangan membutuhkan hidrasi lebih sering dibandingkan bagian tubuh lainnya. Karena beberapa alasan, termasuk mencuci tangan secara teratur, paparan unsur-unsurnya, dan fakta bahwa kulit di sini lebih kering secara alami.

Jadi, berinvestasilah pada krim tangan yang bagus dan rutin memakainkrim itu. Paling tidak, krim tangan tersebut harus mengandung humektan (yang mengikat air; cari asam hialuronat, gliserin, dan lidah buaya), emolien (untuk meningkatkan penghalang; cari bahan seperti minyak oat, ceramide, dan asam lemak), dan oklusif bahan (agar semuanya terperangkap; cari minyak dan mentega yang lebih berat).

Namun, untuk mengatasi flek hitam, carilah formula yang juga mengandung antioksidan, seperti ekstrak tumbuhan dan minyak, koenzim-q10, vitamin E, dan niacinamide.

Antioksidan akan membantu melindungi kulit dari kerusakan dengan menetralkan radikal bebas dan mengurangi peradangan. Ini akan membantu menghentikan pembentukan bintik-bintik usia baru. Dan, banyak antioksidan juga memiliki khasiat mencerahkan, untuk membantu memudarkan bintik hitam yang ada.

Dalam pencarian krim tangan yang bagus, sangat penting juga untuk menemukan krim yang teksturnya Anda sukai—ini berarti Anda akan benar-benar menggunakannya sepanjang hari. 

2. Gunakan Retinol di Malam Hari

Bagi mereka yang memiliki tanda-tanda penuaan kulit yang lebih parah di tangan, retinol adalah perawatan malam hari yang bagus untuk digunakan. Retinol dapat memacu produksi kolagen, meningkatkan pergantian sel kulit, dan menawarkan banyak manfaat lainnya.

Namun, ini bukannya tanpa kekurangannya. Retinol terkenal sulit untuk ditoleransi, karena dapat menyebabkan peningkatan iritasi, kekeringan, dan fotosensitifitas (yang berarti Anda lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari).

Oleh karena itu, retinol hanya boleh digunakan di malam hari, diikuti dengan pelembap. (tidak hanya di malam hari tetapi sepanjang hari!).

3. Gunakan Pelindung Matahari

Perlindungan matahari sangat penting untuk kesehatan kulit Anda. Untuk tangan Anda, ada beberapa kebiasaan mudah yang bisa diterapkan. Yang pertama adalah mengoleskan tabir surya di tangan sebelum paparan sinar matahari, bersama dengan bagian tubuh lainnya.

Anda sudah menggunakan tangan Anda untuk mengoleskan tabir surya di area kulit lain, jadi cukup mudah untuk mengoleskannya di punggung tangan Anda sebagai bagian dari proses.

Selain itu, Anda mungkin ingin mempertimbangkan mengenakan sarung tangan selama aktivitas luar ruangan yang masuk akal, seperti berkebun di musim semi dan musim panas atau selama olahraga musim dingin. Dan sementara antioksidan tidak dapat menggantikan tabir surya, karena dapat meningkatkan efeknya dengan mengatasi radikal bebas. Jadi, sekali lagi, penting untuk menggunakan produk perawatan kulit yang menggunakan bahan kaya antioksidan termasuk mengatasi flek hitam di tangan.

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Bahan Alami

MIND BODY GREEN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."