4 Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Bahan Alami

Ada banyak cara menghilangkan bekas jerawat hitam, tapi pastikan kamu selalu berkonsultasi dengan dokter untuk panduan penggunaannya. (Canva)

kecantikan

4 Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Bahan Alami

Selasa, 30 Maret 2021 23:36 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, JakartaSaat Anda memiliki jerawat di wajah, hal yang wajar terjadi adalah ingin jerawat itu sembuh dengan cepat. Tapi terkadang, noda jerawat meninggalkan flek hitam di kulit, bahkan setelah jerawat hilang. Ini tidak jarang membuat frustasi banyak orang, apalagi jika mereka tidak tahu cara menghilangkan flek hitam.

Cara menghilangkan flek hitam karena jerawat pada kulit Anda dapat dimulai dengan memahami apa yang menyebabkannya.

Ketika jerawat muncul, secara teknis itu adalah bentuk peradangan. Saat kulit Anda sembuh dan sel kulit baru terbentuk, mungkin saja sel yang dikirim untuk membantu memulihkan permukaan halus kulit Anda mengandung terlalu banyak melanin.

Melanin inilah yang memberi warna pada kulit Anda. Sebab, ketika sel-sel tertentu memiliki lebih banyak melanin daripada yang lain, hasilnya adalah flek hitam yang lebih gelap. Ini disebut sebagai hiperpigmentasi pascainflamasi .

Orang yang memiliki warna kulit lebih gelap secara alami lebih rentan terhadap kondisi ini. Teruslah membaca untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara mengatasi flek hitam pasca-jerawat dan cara menghindarinya di masa mendatang.

Situasinya beda dengan bekas jerawat

Mengobati flek hitam akibat jerawat berbeda dengan mengobati bekas jerawat. Bekas luka membutuhkan jaringan untuk dirusak atau ditumbuhi. Bekas luka sulit untuk dihilangkan sepenuhnya, dan meskipun mungkin memudar seiring waktu, biasanya tetap terlihat.

Sebaliknya, flek hitam akibat jerawat rata di permukaan kulit anda. Mereka tidak menunjukkan kerusakan jangka panjang pada sel kulit, pori-pori, atau folikel anda.

Ini bisa memakan waktu cukup lama, tetapi flek hitam cenderung menjadi lebih terang dari waktu ke waktu, dan akhirnya hilang sama sekali. Ini bisa memakan waktu mulai dari 3 bulan hingga 2 tahun sampai mereka menghilang dari pandangan.

Tapi, selain perawatan dermatologi, ada banyak pengobatan rumahan yang patut untuk dicoba. Tdak ada salahnya mencobanya.

Vitamin C

Jus lemon kaya akan vitamin C yang dapat mencerahkan kulit dan meratakan warna kulit. Vitamin C diketahui menjadi agen depigmentasi efektif yang mengurangi pembentukan melanin.

Lidah buaya

Di internet, anda akan menemukan banyak orang berbagi cerita menggunakan lidah buaya untuk menyembuhkan flek hitam dari jerawat. Memang benar. Lidah buaya adalah agen penyembuhan yang luar biasa, terutama jika menyangkut soal masalah kulit.

Sebuah studi menyebut menemukan bahwa penggunaan lidah buaya secara konsisten dapat menstabilkan kadar melanin dalam sel, tetapi diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengetahui batasan dari efek ini.

Ekstrak biji anggur

Ekstrak biji anggur adalah produk alami lain yang dapat bekerja untuk membantu meringankan bintik hitam.

Tidak ada penelitian tentang penggunaan topikal ekstrak biji anggur untuk tujuan ini. Tapi yang menunjukkan bahwa ekstrak biji anggur selama 6 bulan yang dikonsumsi secara oral bermanfaat bagi orang yang memiliki kondisi kulit melasma, yang mirip dengan hiperpigmentasi pasca-inflamasi.

Perlindungan matahari

Cara menghilangkan flek hitam lainnya dan sangat sederhana harus dimulai dengan rutinitas perlindungan sinar matahari yang waspada. Mengenakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap hari, terlepas dari apakah hari mendung atau lembab, akan membantu mencegah lebih banyak kerusakan pada kulit anda.

Baca juga: 5 Jenis Bekas Jerawat dan Cara untuk Mencegahnya

HEALTHLINE