3 Kesalahan yang Harus Dihindari untuk Mengatasi Komedo

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi blackheads/komedo hitam. Healthcuretips.com

Ilustrasi blackheads/komedo hitam. Healthcuretips.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Komedo salah satu masalah kulit yang dialami banyak orang. Beberapa di antara kita tergoda untuk memencetnya dengan jari-jemari atau bahkan mengambil dengan alat ekstraksi. Eits, jangan sampai terjadi karena itu termasuk kesalahan umum dalam mengatasi komedo, terutama di zona T. Selain itu, ada beberapa kesalahan yang harus dihindari untuk mengatasi komedo menurut dokter kulit bersertifikat Ramya Garlapati. Berikut tiga kesalahan umum yang kerap terjadi.

1. Melewatkan Asam Salisilat

"Satu hal yang sering diabaikan dalam mengatasi komedo adalah tidak rutin membersihkan wajah dengan sabun cuci muka asam salisilat," kata Garlapati. Meskipun Anda tidak harus menggunakan jenis pembersih ini setiap kali mencuci muka, menerapkannya ke dalam rutinitas Anda setiap malam atau dua malam sekali pasti akan membantu.

Asam salisilat bekerja dengan baik untuk membuka pori-pori yang tersumbat, sehingga dapat membantu mengurangi komedo, tambahnya.

Namun, jika Anda lebih suka menggunakan serum asam salisilat, ada banyak di pasaran juga; cari saja asam salisilat 2% untuk memastikan Anda mendapatkan dosis kekuatan pengelupasan yang memadai.

2. Tidak Memperhitungkan Perawatan Rambut

"Hal umum lainnya yang sering diabaikan orang adalah efek negatif dari produk rambut, seperti hair spray dan gel, pada kulit," jelas Garlapati. Bukan salah Anda jika Anda tidak pernah menganggap produk rambut Anda sebagai sumber komedo, karena hubungannya belum tentu intuitif.

"Produk seperti ini dimaksudkan untuk rambut, tetapi jika berakhir di kulit wajah Anda, dapat menyebabkan komedo di dahi Anda dan area di sekitar garis rambut Anda," katanya.

Untuk mengurangi persilangan ini, coba blokir wajah Anda saat menyemprotkan helai rambut Anda dengan produk penataan rambut. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk berjalan ke ruangan lain untuk menggunakan hair spray ntuk menghindari residu yang tertinggal di udara menempel di kulit.

3. Mengabaikan Kekuatan Retinol

Terakhir, Garlapati memuji retinoid sebagai alat yang ampuh dalam membersihkan komedo dan langkah yang tidak boleh dianggap enteng jika Anda terus berjuang melawan jenis masalah kulit ini.

"Banyak orang mengira retinoid hanya dimaksudkan untuk anti-penuaan atau perawatan noda, tetapi kenyataannya, memiliki rutinitas yang mencakup penggunaan retinoid setiap malam dapat membantu mencegah dan mengatasi komedo," katanya.

Beberapa orang mungkin dapat menoleransi retinol pada jadwal malam (terutama mereka yang memiliki kulit sangat berminyak atau berjerawat); namun, orang lain mungkin menganggapnya menjengkelkan jika digunakan terlalu sering. Sebaliknya, jenis kulit sensitif dapat menggunakan retinoid setiap tiga sampai empat malam.

Kesimpulannya, selain menahan keinginan untuk memencet pori-pori, ingatlah untuk menggunakan pembersih atau serum dengan kandungan asam salisilat dalam rangkaian perawatan kulit Anda, jangan lewatkan retinol, dan lakukan yang terbaik untuk menjaga produk rambut tetap pada helai rambut bukan kulit Anda, untuk mengatasi komedo. 

Baca juga: Perbedaan Komedo Hitam dan Putih, Penyebab, Serta Cara Menghilangkannya

MIND BODY GREEN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."