Alasan Mengapa Sering Buang Air Besar di Pagi Hari

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bokong wanita. shutterstock.com

Ilustrasi bokong wanita. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak dari kita buang air besar di pagi hari, tak lama setelah bangun pagi, termasuk kamu? Menurut Ali Rezaie, ahli gastroenterologi di Cedars-Sinai di Los Angeles, Amerika, buang air besar di pagi hari sangat umum terjadi karena puasa semalaman yang panjang.

"Usus kecil dan usus besar kita — usus besar — bergerak sangat berbeda selama waktu makan dan pencernaan, dibandingkan dengan 'fase puasa' yang dimulai beberapa jam setelah makan," kata Dr. Rezaie. “Selama fase puasa, kira-kira setiap dua jam, gelombang pengurus rumah menyapu usus kecil dan memindahkan isinya ke usus besar.”

Karena kita tidak makan saat tertidur lelap, proses ini terjadi tanpa gangguan. “Usus besar diisi dengan feses semalaman, itulah sebabnya buang air besar terjadi di pagi hari,” kata Dr. Rezaie.

Apakah Buang Air Besar di Pagi Hari Menunjukkan Kesehatan Pencernaan? 

Berdasarkan proses yang diuraikan Dr. Rezaie di atas, tampaknya buang air besar di pagi hari adalah normal atau bahkan ideal — dan apa pun yang menyimpang dari itu mungkin menunjukkan bahwa ada sesuatu yang tidak beres. Namun, ia mencatat bahwa waktu buang air besar tidak selalu mencerminkan kualitas kesehatan pencernaan Anda.

“Sulit untuk menyimpulkan dengan tegas bahwa pencernaan itu optimal hanya berdasarkan waktu dan keteraturan kebiasaan buang air besar,” jelas Dr. Rezaie. Sebaliknya, dia menyebutkan bahwa buang air besar yang normal bisa berbeda dari satu orang ke orang lain.

“Di mana saja antara tiga kali per hari hingga tiga kali per minggu dianggap normal,” lanjut Dr. Rezaie.

Selama Anda rutin buang air besar, waktu terjadinya tidak terlalu penting. Konsistensi lebih penting dalam hal kenormalan pencernaan versi tubuh Anda sendiri.

“Seseorang yang rutin buang air besar satu atau dua kali sehari akan merasa sembelit jika tidak terjadi buang air besar selama dua hari berturut-turut,” Dr. Rezaie memberi contoh.

Selain itu, kualitas dan kuantitas buang air besar akan bervariasi berdasarkan berbagai faktor individual. “Pada individu yang sehat, kebiasaan buang air besar dipengaruhi oleh dan bergantung pada aktivitas fisik, diet—terutama kandungan serat dan adanya stimulan seperti kopi—serta obat-obatan dan pola tidur,” kata Dr. Rezaie. Pada poin terakhir ini, ritme sirkadian yang terganggu diketahui berkontribusi terhadap pencernaan termasuk GERD, IBS, dan IBD.

Selain itu, Dr. Rezaie menyebutkan bahwa jet lag juga dapat memengaruhi kebiasaan buang air besar. Faktanya, sebuah studi tahun 2021 pada tikus menunjukkan bahwa jet lag kronis menyebabkan penurunan kelimpahan dan keragaman mikroba baik dalam feses maupun isi jejunum.

Sederhananya, jangan remehkan pentingnya istirahat berkualitas tinggi untuk pencernaan dan kesehatan yang lebih baik.

Singkatnya, buang air besar di pagi hari mungkin menjadi rutinitas bagi sebagian dari kita. Tetapi jika Anda tidak termasuk di dalamnya, Dr. Rezaie mengimbau pentingnya waktu tidur, tetap terhidrasi sepanjang hari, prioritaskan serat dan probiotik, dan mengikuti gaya hidup aktif. Last but not least, konsultasikan dengan dokter jika buang air besar Anda lebih atau kurang sering atau padat, atau lebih sulit untuk dilewati dari biasanya.

Baca juga: 5 Makanan Ini Dapat Tingkatkan Kesehatan Usus di Tubuh

WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."