Selain jadi Warisan Budaya, Ini Target Kebaya Foundation untuk Eksistensi Kebaya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ketua Perwakilan kebaya Foundation DKI Jakarta, Happy Farida Djarot dalam jumpa pers pengukuhan anggota Kebaya Foundation DKI Jakarta, di Jakarta, Kamis, 19 Januari 2022/Foto: Cantika.com/Ecka Pramita

Ketua Perwakilan kebaya Foundation DKI Jakarta, Happy Farida Djarot dalam jumpa pers pengukuhan anggota Kebaya Foundation DKI Jakarta, di Jakarta, Kamis, 19 Januari 2022/Foto: Cantika.com/Ecka Pramita

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Yayasan Kebaya Warisan Indonesia atau sering disebut Kebaya Foundation adalah yayasan yang bergerak pada pelestarian dan pengembangan kebaya yang merupakan warisan leluhur bangsa Indonesia dan telah menjadi busana khas perempuan Indonesia. 

Ketua Umum Kebaya Foundation Pusat ialah Tuti Nusandari Roosdiono yang saat ini menjadi anggota DPR RI Komisi IX. Untuk meningkatkan akselerasi kegiatannya, Kebaya Foundation mendirikan perwakilan Yayasan di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya perwakilan DKI Jakarta, dengan Ketua Perwakilan Kebaya Foundation DKI Jakarta, Happy Farida Djarot. 

Dalam jumpa pers jelang pelantikan Kebaya Foundation, Happy Farida Djarot mengatakan jika  pihaknya memiliki komitmen untuk melestarikan kebaya sebagai bagian dari budaya Indonesia. "Target kami ke depannya, tidak hanya turut mendampingi kebaya bisa masuk dalam satu warisan budaya tak benda UNESCO, tetapi akan ditetapkan juga sebagai Hari Kebaya Nasional, semoga nanti kalender kita ada har khusus kebaya," ungkap Happy di Jakarta, Kamis, 19 Januari 2023. 

Pelantikan pengurus Kebaya Foundation DKI Jakarta di Jakarta, Kamis, 19 Januari 2023/Foto: Doc. Kebaya Foundation

Selain itu, lanjut Happy, upaya Kebaya Foundation yang lainnya ialah agar program yang digiatkan bisa memberikan inspirasi bagi para remaja perempuan milenial untuk lebih menyukai dan sering pakai kebaya di berbagai kesempatan. 

"Kami berharap para remaja perempuan tertarik memakai kebaya sebagai busana khas Indonesia, baik sebagai fashion sehari-hari yang bisa dipadupadankan dengan item lain, atau sebagai adi busana," harap ibu tiga anak ini. 

Bukan hanya sebagai busana, Kebaya Foundation juga berkomitmen dan berupaya keras meningkatkan literasi kebaya bagi para perempuan dan remaja tentunya tentang kebaya dan wastra Nusantara. Membawa motto: Dengan berkebaya, perempuan Indonesia berdaya, berbudaya dan berkepribadian Pancasila, Kebaya Foundation perwakilan Jakarta punya keteguhan sikap untuk tidak pernah lelah melestarikan dan mengembangkan kebaya serta wastra Nusantara sebagai warisan budaya adiluhung bangsa Indonesia. 

Ketua Perwakilan kebaya Foundation DKI Jakarta, Happy Farida Djarot dan jajaran pengurus dalam jumpa pers pengukuhan anggota Kebaya Foundation DKI Jakarta, di Jakarta, Kamis, 19 Januari 2022/Foto: Cantika.com/Ecka Pramita

Sebagai informasi, dalam rangka efektivitas pelaksanaan program kegiatan Kebaya Foundation, kata Tuti, maka didirikanlah perwakilan Yayasan Kebaya Warisan Indonesia di seluruh Indonesia. Melalui momen yang sama, Pimpinan Kebaya Foundation Pusat membentuk dan mengukuhkan Kepengurusan Perwakilan Yayasan Kebaya Warisan Indonesia (Kebaya Foundation) Jakarta dan sekitarnya.

“Kebaya Foundation Perwakilan Jakarta dan sekitarnya dipimpin oleh seorang pegiat sosial Happy Farida Djarot sebagai ketua dan akan dibantu oleh beberapa pegiat sosial dan budaya di Jakarta dan sekitarnya yang akan dilantik hari ini,” terangnya.

Baca: Tak Hanya Seremonial, Ini Alasan Mengapa Perlu Ada Hari Kebaya Nasional

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."