Raup Rp29,1 Triliun, Avatar 2 jadi Film Terlaris Keenam di Dunia

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Cuplikan Film Avatar: The Way of Water/Disney

Cuplikan Film Avatar: The Way of Water/Disney

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Film Avatar: The Way of Water atau Avatar 2 telah mengantongi pendapatan sekitar USD1,928 miliar atau sekitar Rp29,1 triliun secara global, menurut catatan Box Office Mojo pada Rabu, 18 Januari 2023. Angka itu unggul tipis dari Spider-Man: No Way Home yang hanya mengumpulkan USD1,921 miliar atau sekitar Rp29 triliun.

Dengan pencapaian tersebut, Avatar 2 saat ini menduduki peringkat keenam sebagai film terlaris dalam sejarah box office global, menyalip Spider-Man: No Way Home yang sebelumnya menempati posisi tersebut.

Sementara itu, lima film teratas sepanjang masa lainnya secara berturut-turut yaitu Avatar dengan pendapatan USD2,92 miliar (Rp44,1 triliun), Avengers: Endgame dengan 2,79 miliar AS (Rp42,2 triliun), Titanic dengan 2,19 miliar dolar AS (Rp33,1 triliun), Star Wars: Episode VII - The Force Awakens dengan USD2,06 miliar (Rp31,2 triliun), serta Avengers: Infinity War dengan USD2,04 miliar (Rp30,9 triliun).

Hingga Rabu (18/1), "Avatar 2" telah meraup sebanyak 574 juta dolar AS (Rp8,6 triliun) di pasar Amerika Utara sejak resmi ditayangkan di bioskop pada 16 Desember lalu.

Film arahan James Cameron ini bahkan menunjukkan performa yang baik di luar Amerika Utara dengan total pendapatan USD1,35 miliar (Rp20,4 triliun). Terbanyak disumbang oleh China dengan USD214 juta (Rp3,2 triliun), serta Prancis dan Jerman masing-masing USD122 juta (Rp1,8 triliun) dan USD107 juta (Rp1,6 triliun).

Sebelumnya, dalam 10 hari penayangannya, Avatar 2 menjadi film terlaris kelima tahun ini dengan penjualan tiket global sebesar USD855 juta atau senilai Rp13,3 triliun. Menurut Variety, Senin, 26 Desember 2022, sekuel James Cameron yang telah lama tertunda itu telah menghasilkan USD253,7 di box office domestik dan USD600 juta secara internasional. Avatar 2 diketahui rilis perdana pada 14 Desember 2022.

Tempat tinggal klan Metkayina dalam film Avatar: The Way of Water. Foto: 20th Century Studios

Sinopsis Avatar 2

Sekuel dari film Avatar (2009) ini menghadirkan pengalaman sinematik imersif dan emosional dengan keindahan bawah laut Pandora yang memanjakan mata dalam durasi 3 jam 10 menit.

Melanjutkan film pertama, Sam Worthington dan Zoe Saldaña kembali memerankan Jake Sully dan Neytiri yang merupakan makhluk Na’Vi. Keduanya kini telah menjadi orang tua dari empat anak dan melakukan segalanya yang mereka bisa untuk menjaga kebersamaan keluarga mereka. Jake Sully berusaha untuk menjadi suami sekaligus ayah yang dapat melindungi keluarganya dari ancaman manusia langit.

Para karakter di film pertama yang sempat dinyatakan meninggal, kembali muncul di film kedua ini. Mereka adalah Sigourney Weaver dan Stephen Lang. Namun kemunculan mereka tentunya dengan wujud yang berbeda. Cerita semakin kaya dengan bertambahnya karakter baru yang memiliki hubungan dengan Kiri (Sigourney Weaver) dan Kolonel Miles Quaritch (Stephen Lang) yang sangat berperan penting di akhir film.

James Cameron sebagai sutradara memang menghadirkan berbagai adegan dan dialog yang mengingatkan penonton dengan film pertama 13 tahun lalu. Itu juga yang membuat durasi film ini begitu panjang.

Meski demikian, tetap sangat disarankan penonton yang ingin menyaksikan Avatar: The Way of Water untuk menyelesaikan Avatar film pertama terlebih dahulu. Hal tesebut karena konflik yang terjadi berkaitan dengan akhir cerita di film pertama.

Pertarungan keluarga Sully bersama pasukan Na'vi dalam melawan musuh sangat intens dai bagian pertengahan hingga akhir film. Kekuatan musuh yang sangat besar dan dilengkapi dengan banyak senjata, seimbang dengan pasukan Na'vi yang memihak pada keluarga Sully. Hal tersebut membuat pertarungan mereka menjadi seru sampai ada yang harus dikorbankan.

Sudah nonton Avatar 2, Sahabat Cantika?

Baca juga: Keindahan Alam di Film Avatar: The Way of Water Ingatkan untuk Jaga Kelestarian Laut

ANTARA | MARVELA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."