Cara Membuat Batasan Diri dengan Orang Lain

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita tersenyum bersama teman. shutterstock.com

Ilustrasi wanita tersenyum bersama teman. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Langkah pertama untuk melindungi batasan diri dari orang lain, terutama orang yang belum tentu menghormati atau memahaminya, adalah melakukannya sendiri, menurut psikoterapis Tracy Livecchi. Itu bisa terlihat seperti menetapkan tujuan realistis yang dapat ditindaklanjuti dan membuat rencana bagaimana Anda akan mencapai hal tersebut.

“Jika Anda tidak benar-benar mengerti mengapa Anda melakukannya dan apa manfaat dari membuat perubahan ini, akan semakin sulit untuk menjelaskannya kepada orang lain,” katanya. Setelah Anda berkomitmen, Anda dapat membuat rencana untuk memberi petunjuk pada orang yang tepat dan kemudian menetapkan hukum tentang batasan Anda.

Setelah Anda membagikan tujuan atau kebiasaan dalam kehidupan pribadi, Anda dapat memberi tahu mereka bagaimana mereka dapat mendukung Anda. Fungsi dari latihan ini adalah untuk membantu lingkaran Anda memahami dengan baik bagaimana Anda dan membantu mereka mempersiapkan ekspektasi yang akan Anda miliki terhadap mereka atau sebaliknya.

Misalnya, tujuan Anda adalah makan lebih banyak makanan kaya gizi di rumah. Dalam hal ini, Anda mungkin memberi tahu orang lain di rumah Anda bahwa daftar belanjaan mungkin berubah, atau bahwa Anda akan mengubah kebiasaan pesanan makanan.

Apa pun tujuan Anda, untuk melindungi batasan yang telah Anda tetapkan untuk mencapainya, pastikan untuk berkomunikasi dengan jelas dan dengan kasih sayang kepada semua orang di jejaring sosial Anda yang perlu tahu untuk mendukung Anda," kata Elissa Epel, profesor psikiatri di Universitas California, San Francisco dan penulis The Stress Prescription. Batasan bisa besar atau kecil, dan Anda dapat membagikannya sesuka Anda.

Cara Merespons Orang yang Melanggar Batasan Diri Kamu 

Orang akan membuat kesalahan dan melanggar batasan Anda, terkadang berulang kali. Ini membuat frustrasi dalam praktiknya, tetapi penting juga untuk diingat bahwa kebanyakan orang melakukan itu tanpa sengaja, kata Dr. Epel.

“Biasanya, ini karena kurangnya kesadaran dan datang dari kebutuhan mereka sendiri,” katanya.

Cara terbaik untuk merespons adalah dengan "pengingat yang sering, diucapkan dengan cara yang mendukung," tambahnya. "Kita semua membutuhkan kesempatan kedua, dan kita semua membutuhkan pengingat tentang perilaku yang ingin kita ubah."

Namun, kadang-kadang, pelanggar batas bukanlah orang yang Anda rasa nyaman untuk menjadi rentan dan terus terang tentang kebutuhan Anda, bos misalnya. Dalam kasus seperti ini, Dr. Epel menyarankan agar Anda lebih spesifik tentang apa yang Anda inginkan untuk maju tanpa menyalahkan mereka atas perilaku masa lalu.

Jadi, katakanlah Anda berusaha menjalin hubungan yang sehat dengan email kantor Anda, tetapi manajer Anda suka mengirim pesan pada akhir pekan dan di tengah malam. Mungkin Anda dapat mengomunikasikan bahwa Anda berencana untuk tidak menjawab email selama jangka waktu tertentu, dan Anda ingin memastikan bahwa Anda memiliki pemahaman yang sama tentang hal itu sehingga tidak ada miskomunikasi, dan semua harapan diucapkan.

Tetapi bagaimana jika ada orang dalam hidup Anda yang tidak mengerti atau tampaknya tidak peduli dengan batasan baru Anda? Langkah Anda selanjutnya untuk melindungi batasan Anda mungkin mencakup satu upaya lagi dengan melakukan percakapan yang jelas dan tegas yang menguraikan dengan tepat apa yang Anda butuhkan untuk maju.

Dan jika itu tidak berhasil, Anda dapat mempertimbangkan kembali ruang lingkup hubungan Anda dengan orang itu sampai mereka sadar. "Jika seseorang dalam hidup Anda tidak menerima [batasan diri] Anda, mungkin Anda mundur selangkah dan menciptakan ruang bagi diri Anda sendiri untuk menemukan beberapa orang lain yang mungkin lebih menerima dan mendukung," kata Livecchi.

Baca juga: Percaya Diri Tinggi, Generasi Z Itu Berani Berekspresi dan Bisa Tampil Sweet

WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."