Jangan Buang Waktu, Simak 10 Tips Menghindari Situasi Tak Nyaman saat Berkencan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi pasangan kencan. Freepik.com/Nensuria

Ilustrasi pasangan kencan. Freepik.com/Nensuria

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam dunia kencan pada masa ini, sulit untuk menavigasi area abu-abu antara berkencan biasa dan hubungan yang berkomitmen. Situasi yang menjadi semakin umum, membuat banyak orang merasa hubungan yang mereka jalani menjadi tidak pasti dan terkuras secara emosional.

Jenis hubungan ini seringkali tidak memiliki batasan, komitmen, dan label yang jelas, yang dapat menyebabkan kebingungan serta frustasi. Awalnya, situasi hubungan memang tampak nyaman, namun hubungan tersebut dapat dengan cepat berubah menjadi hubungan yang tidak sehat dan membuat kalian merasa tidak puas. Itulah mengapa penting untuk mempelajari cara mengidentifikasi dan menghindari situasi sebelum hal itu berdampak buruk pada kesejahteraan emosional-mu. 

Dengan menerapkan beberapa strategi, kamu dapat meningkatkan peluang untuk menemukan hubungan bermakna dan langgeng dengan seseorang yang memiliki nilai dan tujuan yang sama dengan kamu. Ginger Dean, Psikoterapis Berlisensi, berbagi dalam postingan Instagram terbarunya sepuluh tips penting untuk menghindari situasi tak nyaman agar tak buang-buang waktu. 

Berikut ini, merupakan 10 tips yang dapat kamu lakukan untuk menghindari situasi tak nyaman dalam berkencan. Apa saja?

1. Pertama, jujurlah pada diri sendiri tentang apa yang dirimu inginkan, apa yang kamu siapkan, dan apa yang tidak akan kamu terima.

2. Perjelas tentang batasan diri, standar, nilai inti, dan konsekuensi bagi aturan pelanggaran aturan yang telah kamu terapkan (terutama mengenai hubungan seksual). Buatlah daftar dan kemudian tuliskan alasannya.

3. Cari tahu terlebih dahulu sebelum kencan pertama apa yang mereka siapkan untuk menghindari membuang-buang waktumu. Jika mereka mengatakan bahwa mereka siap untuk suatu hubungan namun ingin "mengikuti arus" dan melakukan semua hal dalam hubungan tanpa komitmen, maka kamu sudah temukan jawaban tentang kemana arah hubunganmu akan berakhir.

4. Putuskan berapa lama kalian akan berkencan dengan seseorang sebelum kamu melanjutkan jika keadaan tidak berjalan baik. Jawaban yang tidak jelas seputar keinginan mereka untuk menjalin hubungan berarti sudah waktunya untuk melanjutkan.

5. Latih hubungan yang sehat saat kamu melibatkan mereka dalam proses kencan (kumpulkan data dan benar-benar perhatikan apa yang telah kamu pelajari).

6. Perhatikan apakah kamu benar-benar menyukai mereka atau kamu hanya cemas bahwa tak ada yang tertarik dan menerima kamu apa adanya, oleh karena itu timbulah rasa ketertarikan kamu terhadapnya.

7. Hindari romantisme, berfantasi, mondar-mandir di masa depan, dan upaya mempercepat hubungan (detasemen yang sehat).

8. Jika kamu telah berkencan dengan seseorang untuk sementara waktu dan tidak tahu ke mana arah hubungan itu, penting untuk mengkomunikasikan dengan jujur tentang hal tersebut. Ini dapat membantu mengklarifikasi ekspektasi dan menghindari membuang-buang waktu dalam hubungan yang mungkin tidak berjalan sesuai keinginan kamu.

9. Hormati batasan, sebagai cara untuk mencontohkan bagaimana kamu ingin mereka dihormati dan bagaimana kamu ingin diperlakukan.

10. Bahkan jika mereka memberi tahu bahwa mereka menginginkan hubungan, pastikan kata-kata mereka sesuai dengan tindakan mereka dan pergilah jika tidak. Mereka ingin mengajak kamu jalan-jalan, bertemu anak-anak, dan berlibur namun hanya mengikuti arus, melihat orang lain, dan tidak punya komitmen? Maka hindarilah orang seperti itu.

Pilihan Editor: Momen Manis Meghan Markle dan Pangeran Harry saat Berkencan di Los Angeles Lakers

WIDYA FITRIANIGSIH | HINDUSTAN TIMES 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."