Jakarta Fashion Trend 2023, Padukan Fashion, Beauty, dan Nature

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Koleksi Rengganis di Jakarta Fashion Trend 2023 yang digelar, Rabu, 11 Januari 2023/Foto: Doc. IFC

Koleksi Rengganis di Jakarta Fashion Trend 2023 yang digelar, Rabu, 11 Januari 2023/Foto: Doc. IFC

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Perhelatan tahunan Jakarta Fashion Trend 2023 digelat oleh Indonesian Fashion Chamber (IFC) Jakarta Chapter pada tanggal 11-12 Januari 2023 di Soehana Hall, The Energy Builing, SCBD Jakarta dengan tujuan mengangkat potensi Indonesia, khususnya DKI Jakarta, sebagai salah satu pusat trend mode global. 

Indonesian Fashion Chamber (IFC) merupakan asosiasi fashion designer dan pengusaha mode Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 2015, beranggotakan 235 orang yang tersebar di 14 daerah di Indonesia. IFC Jakarta Chapter adalah salah satu cabang yang memiliki anggota terbanyak, yaitu 37 orang yang beraktivitas usaha mode di wilayah DKI Jakarta. 

Sebagai salah satu tanggung jawab memajukan dunia mode Jakarta khususnya, sejak tahun 2018, IFC Jakarta Chapter menyelenggarakan event show tahunan Jakarta Fashion Trend (JFT) untuk menampilkan koleksi terbaru dari para fashion designer dari DKI Jakarta dan guest designer dari daerah lain di Indonesia sebagai prediksi arah trend mode tahun tersebut. 

Jakarta Fashion Trend (JFT) 2023 mengusung tema “FashByte” dengan konsep fashion show yang memadukan antara fashion, beauty, dan nature. IFC Jakarta Chapter berupaya memperkuat sinergi dengan sektor kosmetik yang terkait erat dengan perkembangan industri fashion Indonesia. Kolaborasi ini bertujuan untuk memperlihatkan perkembangan trend fesyen dan kosmetik serta budaya urban Jakarta ke ranah publik.

“Jakarta Fashion Trend kali ini memberikan gambaran upaya kreatif para pelaku fashion bekerjasama dengan pelaku industri kosmetik dan jamu dari Perhimpunan Perusahaan dan Asosiasi Kosmetika Indonesia (PPAK). Kerjasama kolaboratif ini perlu untuk memajukan industri bersama. Usainya bencana kemanusiaan Covid-19 tentu pelaku maupun komunitas fashion dan kosmetik musti memulihkan diri dari dampak dan berlari bersama menghasilkan sinergi baru antara fesyen, kosmetik, serta jamu yang membuat semangat baru dunia fashion di Indonesia,” ungkap Hannie Hananto, Ketua Indonesian Fashion Chamber (IFC) Jakarta Chapter.

Koleksi Hannie Hananto di Jakarta Fashion Trend 2023 yang digelar, Rabu, 11 Januari 2023/Foto: Doc. IFC

Fashion Parade karya desainer IFC Chapter Jakarta

Jakarta Fashion Trend (JFT) 2023 akan menampilkan Fashion Parade karya 62 fashion designer IFC, 12 fashion designer syar’i, 11 brand kids fashion, dan 11 brand/fashion designer dari 11 kota di seluruh Indonesia, yaitu Jambi, Kediri, Kalimantan Utara, Sumatra Barat, Bandung, Yogyakarta, Maluku, Sibolga, Semarang, Surabaya dan Malang. 

Koleksi busana yang ditampilkan di panggung Jakarta Fashion Trend 2022 memperlihatkan fragmen perkembangan trend dan gaya busana Indonesia, mulai dari busana etnik kontemporer, urban wear, kids wear, modest wear dan busana muslim syari dengan mengangkat konten lokal dan mengacu pada tren global, termasuk isu sustainable fashion yang tengah menjadi perhatian dunia.  

Pada hari perdana gelaran Jakarta Fashion Trend (JFT) 2023 ini menampilkan rangkaian fashion show yang diawali dengan koleksi dari Hannie Hananto, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi Presents Bima Zikwan, Kursien Karzai, Vielga X Batik Minang, Monika Jufry, Ichwan Thoha, Rengganis, NY by Novita Yunus, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri Presents Wignyo, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Utara Presents Wignyo, dan Fomalhaut Zamel. 

Koleksi Novita Yunus di Jakarta Fashion Trend yang digelar Rabu, 11 Januari 2023/Foto: Doc. IFC

Seiring dengan maraknya industri modest wear termasuk modest syar’i di Indonesia, Jakarta Fashion Trend (JFT) 2023 turut memberikan sorotan pada trend modest syar’i melalui Fashion Parade yang menampilkan koleksi dari Atkia Hijab, Yodizein Syari Indonesia, Syafeera Syari, Miwri, Nha Miranda, Bungas, Mustbe Hijab, Hawa Design, Mahagaya Premium, Laila Ghani, Ulya Hijab, dan Khanza Maryam.

Fashion Parade sesi ketiga meliputi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku Presents Wignyo, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sibolga Presents Wignyo, Fenny Saptalia, Ina Priyono, Saffana, dan Iyonono. Selain itu, ditampilkan kolaborasi antara brand atau fashion designer dengan produsen kosmetik dan jamu, yaitu Najua Yanti X Vermint, Lenny Agustin X Bioaqua, Chaera Lee X Vlagio, IFC Jakarta Designers X Mustika Ratu.

Rangkaian fashion show pada hari pertama ini ditutup dengan karya-karya dari Kayo by Fey Kayo, Albarizk, Dechantique by Ning Santoso, Zahwazee, Shaza by Adelina, Althafunissa Syari, Polre X Ichwan Thoha & Team, Rineereo X Batik Betawi Terogong, dan Rosemalina X Sofie.

Baca: Kain Ulos Batak Kreasi Erika Ardianto Melenggang di Jakarta Fashion Trend 2022

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."