Tips Olahraga saat Menstruasi, Lakukan Latihan Ringan hingga Jangan Paksakan Tekanan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita melakukan yoga di rumah. Freepik.com/Senivpetro

Ilustrasi wanita melakukan yoga di rumah. Freepik.com/Senivpetro

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Berolahraga dan gaya hidup sehat termasuk tips hidup bugar. Namun saat menstruasi, sebagian besar wanita bingung apakah harus melanjutkan rutinitas olahraga atau melakukannya dengan lambat. Jika kamu salah satunya, berikut tips olahraga saat menstruasi.

Miten Kakaiya, pelatih kebugaran di Miten Says Fitness (MSF) mengatakan, “Setiap wanita mengalami menstruasi secara berbeda. Oleh karena itu, dalam hal rutinitas kebugaran atau intensitas olahraga, penting untuk mengubahnya setiap periode sesuai kondisi si wanita."

Misalnya, di bulan lalu saat menstruasi mungkin Anda nyaman melakukan latihan intensitas rendah, di bulan lain Anda bisa melakukan latihan penuh. Apa pun yang Anda pilih, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda ingat saat olaraga saat menstruasi.

1. Ubah Latihan

Bila Anda merasa lelah, sebaiknya lakukan latihan ringan, seperti yoga, berjalan kaki, joging, atau peregangan. Jika Anda merasa berenergi dan normal, Anda dapat menyelesaikan sesi latihan penuh.

“Wanita dengan gejala PMS utama dapat memperoleh manfaat dengan latihan aktivitas yang lebih ringan seperti yoga, peregangan, hingga berjalan. Ini membantu meredakan gejala dan meningkatkan aliran darah," tutur Kakaiya.

Menstruasi adalah waktu yang penting bagi wanita untuk mendengarkan tubuh mereka dan mengubah rutinitas latihan sesuai kebutuhan tubuh mereka selama periode tersebut.

"Selama menstruasi, tidak perlu mengikuti rutinitas olahraga Anda 100 persen, tetapi merawat kebugaran tubuh Anda 100 persen," tambahnya.

2. Jangan Biarkan Efek NOCEBO Menguasai Kamu

Sebagian besar wanita berhenti berolahraga atau bahkan melakukan aktivitas fisik apa pun saat menstruasi dimulai, bahkan jika mereka sedang mengalami hari yang ringan. Penting bagi kita untuk mengabaikan efek nocebo dan fokus pada apa yang dirasakan tubuh kita.

Jika Anda merasa cukup berenergi untuk berjalan-jalan, joging, lakukanlah. Jangan lewatkan latihan Anda hanya karena hari haid Anda telah tiba.

3. Jangan Memaksakan Tekanan pada Tubuh

Olahraga penting selama menstruasi untuk melawan gejala PMS, tapi jangan berlebihan. Sebab bisa membuat Anda merasa lelah, dan merusak tubuh selama menstruasi. Jika Anda merasa tidak dapat membentuk rutinitas olahraga sesuai kebutuhan tubuh dan tujuan kebugaran Anda, pelatih kebugaran dapat memandu Anda dengan rutinitas olahraga yang disesuaikan dan rencana makan yang sesuai untuk tubuh Anda 30 hari dalam sebulan.

Baca juga: Tren Olahraga 2023, dari Home Workout hingga Dance Cardio

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."