5 Cara agar Lebih Mencintai Olahraga

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita olahraga. Freepik.com/Wayhomestudio

Ilustrasi wanita olahraga. Freepik.com/Wayhomestudio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika kamu benci olahraga, kamu tidak sendiri. Berdasarkan studi baru-baru ini terhadap 2.000 orang Amerika yang sering berolahraga ditemukan bahwa 50 persen tidak suka berolahraga. Sebanyak 34 persen lainnya mengatakan mereka lebih suka mencuci piring dengan tangan, 25 persen mengatakan mengirim pesan, dan menonton layanan streaming. Lantas, adakah cara agar lebih mencintai olahraga?

Jawabannya tentu saja ada. Yang pertama, kita ingat lagi manfaat olahraga yang tak terbantahkan untuk menjaga kesehatan tubuh dan mental. Olahraga membantu meminimalkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2, serta gangguan kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan.

Terlebih lagi, penelitian baru menunjukkan bahwa olahraga teratur menyelamatkan empat juta nyawa setiap tahun dan dapat membantu kamu hidup lebih lama. Jadi, meskipun kamu membencinya, ada baiknya mencari cara untuk belajar mencintai bergerak. Inilah cara menemukan kegembiraan dalam berolahraga jika tidak memicu sensasi seperti itu secara alami.

Selain mengingat manfaat olahraga, coba terapkan lima cara sederhana ini agar kamu lebih mencintai olahraga.

1. Fake It Till You Make It

Meskipun berbohong biasanya bukan jawabannya, dalam hal ini, lakukanlah. “Saya telah membohongi diri sendiri selama bertahun-tahun,” kata pelatih kebugaran, Katie Austin.

“Katakan pada diri sendiri bahwa kamu hanya akan menggerakkan tubuh selama lima hingga 10 menit. Setelah itu, jika kamu merasa baik, lanjutkan, dan jika tidak, setidaknya kamu mencobanya.” Apa pun itu, saat pengatur waktu berbunyi, kamu akan merasa lebih baik hanya dengan mencobanya.

2. Buat Jadwal dan Patuhi

Jika kamu adalah seseorang yang menyukai rutinitas, trik ini dapat membantu kamu lebih menikmati olahraga karena kamu memiliki sesuatu yang dinanti-nantikan.

“Sering kali, orang yang membenci latihan karena mereka tidak benar-benar tahu apa yang mereka lakukan. Rencana adalah kuncinya, ”kata Austin. “Ketika saya tidak merasa sangat termotivasi selama seminggu, saya memasukkan latihan saya ke kalender saya sehingga saya dapat merencanakannya.”

3. Siapkan Pakaian Olahraga pada Malam Sebelumnya

Ini adalah salah satu gerakan Austin untuk menjadi bersemangat tentang olahraga, dan itu sesuai dengan hasil beberapa penelitian. Salah satu contohnya, sebuah studi tahun 2018 terhadap 2.000 pengunjung gym reguler menemukan bahwa 9 dari 10 responden setuju bahwa mengenakan pakaian gym membantu mereka merasa termotivasi untuk berolahraga saat mereka sedang tidak ingin melakukannya.

4. Jangan Melakukan Olahraga yang Tidak Kamu Sukai

Banyak orang masih mendapat kesan bahwa berolahraga perlu terasa menghukum agar efektif, dan itu tidak benar. Kamu lebih mungkin untuk tetap berpegang pada rutinitas kebugaran jangka panjang, jika kamu menemukan olahraga yang kamu sukai sejak awal.

5. Ubah Olahraga menjadi Latihan Syukur

“Saat kamu mengubah perspektif berolahraga agar merasa baik, semuanya berubah — itu adalah pola pikir,” kata Austin. Coba ubah proses berpikir kamu menjadi, "aku sebaiknya berolahraga", dan "aku menikmati menggerakkan tubuh aku", alih-alih, "aku harus". Mampu merasa bersyukur meningkatkan kebahagiaan kita secara keseluruhan, menurut sains.

Semoga, kiat di atas bisa membantu Sahabat Cantika lebih mencintai olahraga

WELL+GOOD

Baca juga: Masih Bingung Cara Olahraga yang Mudah? Yuk Simak Tips Berikut Ini

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."