8 Cara Mengatasi Kemerahan pada Wajah, Masker Mentimun hingga Gel Lidah Buaya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita mengenakan masker wajah. Freepik.com/Drobotdean

Ilustrasi wanita mengenakan masker wajah. Freepik.com/Drobotdean

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Munculnya kemerahan di wajah bisa terjadi karena berbagai faktor. Seperti di antaranya karena ketidakcocokan dalam penggunaan skincare atau makeup, perubahan cuaca, atau munculnya jerawat. Kemerahan pada wajah tidak boleh dianggap sepele dan harus segera diatasi agar kondisinya tidak semakin parah.  Berikut delapan cara mengatasi kemerahan pada wajah dengan aman dan cepat seperti yang dihimpun Cantika. 

1. Gunakan Sunscreen

Ilustrasi Sunblock/krim tabir surya. Shutterstock.com

Salah satu cara menghilangkan kemerahan di wajah akibat munculnya jerawat adalah dengan menggunakan tabir surya atau sunscreen. Gunakan tabir surya dengan kandungan bahan aktif yang dapat menyejukkan dan menenangkan kulit sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan dan memudarkan. 

Dilansir dari Elta MD skincare, sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa bahan-bahan seperti Zinc oxide memiliki sifat anti-inflamasi dan diketahui dapat membantu mengurangi kemerahan dan mengobati jerawat. Tabir surya non komedogenik juga umumnya mengandung bahan seperti niacinamide, yang dikenal sebagai antiradang.

2. Memakai Gel dari Lidah Buaya

Jus lidah buaya. Freepik.com/Jcomp

Memakai gel lidah buaya merupakan salah satu cara menghilangkan merah di wajah akibat penggunaan cream. Lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, antivirus, dan antioksidan, yang semuanya berfungsi untuk meningkatkan penyembuhan kulit secara keseluruhan. 

lidah buaya mampu menghambat reaksi peradangan pada kulit dan mengurangi peradangan. Sekarang sudah ada berbagai macam produk aloe vera gel instan sehingga kamu tidak perlu susah mencari lidah buaya untuk mengambil gelnya. 

3. Menggunakan Air Bunga Mawar 

Ilustrasi bunga mawar. Pixabay.com/Peggy Choucair

Air dari bunga mawar dapat dipilih sebagai cara mengatasi muka merah, terutama hal ini terjadi akibat salah menggunakan produk skincare. Hal ini karena mempunyai sifat anti inflamasi yang dapat mengurangi kemerahan dan bengkak pada kulit.

Caranya dengan menuangkan air mawar ke kapas lalu tempelkan kapas pada wajah yang merah dan diamkan selama 10 sampai 15 menit. Jika sudah, kamu bisa melepaskan kapasnya dan memijit area muka agar air mawarnya dapat meresap secara maksimal. 

4. Masker Mentimun 

Ilustrasi mentimun. Foto: Pixabay.com/ka_re

Kemerahan pada wajah dapat diatasi secara alami dengan menggunakan masker dari mentimun. Dilansir dari Health line, mentimun mempunyai kandungan efek pendinginan dan anti-inflamasi yang dapat membantu meringankan rasa sakit, kemerahan, dan juga iritasi. 

Cara membuat maskernya sangat mudah, kamu hanya perlu menghaluskan mentimun. Setelah halus, oleskan pada wajah yang sebelumnya telah dibersihkan. Biarkan masker menempel di kulit selama 15 menit, setelah itu baru bisa dibilas. 

5. Mengoleskan Minyak Kelapa

Ilustrasi minyak kelapa untuk Bioavtur. antaranews.com

Minyak kelapa ternyata bisa menjadi cara alami untuk menghilangkan kemerahan pada wajah akibat iritasi. Alasannya adalah minyak kelapa merupakan produk perawatan kulit alami yang memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan pelembab terbaik. 

Tidak perlu mencampurkannya dengan bahan lainnya. Kamu hanya perlu sedikit minyak kelapa dan mengoleskannya pada bagian yang kemerahan. Namun jika kondisi kulit belum juga membaik, segeralah untuk mengunjungi ahli Dermatologi.

6. Kompres dengan Es

Ilustrasi segelas air es. Freepik.com/Master1305

Cara mengatasi muka merah dan panas agar cepat mereda bisa dengan mengompres wajah pakai air es atau air dingin. Hal ini direkomendasikan dari Byrdie yang bekerja sama dengan ahli dermatologi.  Untuk menenangkan kulit yang memerah, masukkan waslap bersih ke dalam kantong plastik berisi es batu dan biarkan di dalam freezer selama kurang lebih 15 menit. Jika sudah, lepaskan kain dan tempelkan dengan lembut pada kulit selama kurang lebih 20 menit.

7. Hindari Produk yang Mengiritasi

Ilustrasi skincare pouch atau makeup pouch. Freepik.com

Kemerahan bisa diperparah oleh bahan-bahan tertentu yang ada dalam produk perawatan kulit. Beberapa kandungan dalam skincare yang wajib dihindari untuk kulit sensitif di antaranya adalah alkohol, produk yang terdapat kandungan parfum atau wewangian, sulfat, serum vitamin c, dan benzoil peroksida.

8. Selalu Gunakan Pelembab

Ilustrasi wanita menggunakan pelembab. shutterstock.com

Pastikan untuk menjaga rutinitas perawatan kulit dengan menggunakan pelembab atau moisturizer setiap hari. Pelembab penting saat mengatasi kemerahan, karena dapat membantu melindungi dan menenangkan kulit serta dapat mengurangi peradangan. Pilihlah yang memiliki kandungan niacinamide karena  bahan tersebut bagus untuk menghidrasi dan juga anti-inflamasi.

Itulah 8 cara mengatasi kemerahan pada wajah dengan aman dan cepat yang bisa kamu ikuti. Semoga bermanfaat!

Baca: Lidah Buaya Hingga Mentimun Bisa Melembabkan Bibir Secara Alami

LINTANG OLIVIA | HEALTHLINE | BYRDIE 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."