Mengenal Body Butter, Pelembap Tubuh dari Mentega dan Minyak Esensial

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi body butter. Foto: Freepik.com

Ilustrasi body butter. Foto: Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selain wajah, area tubuh lainnya wajib dilembapkan. Sebab kulit yang lembap berfungsi menjadi penghalang pelindung jaringan di bawahnya sekaligus melindungi organ dalam dari infeksi dan iritasi, jelas dokter kulit bersertifikat Dewan Birmingham, Corey L. Hartman. Salah satu produk perawatan kulit atau skincare yang berfungsi melembapkan adalah body butter.

Body butter mempunyai tekstur yang sangat kental seperti mentega. Dibandingkan dengan body lotion yang bertekstur lebih ringan, body butter cenderung memiliki tekstur yang padat karena tidak mengandung air. Pada umumnya, body butter terdiri dari mentega dan minyak esensial.

Manfaat Body Butter

1. Melembapkan kulit

Salah satu manfaat body butter adalah melembapkan dan menghidrasi kulit. Saat dioleskan ke permukaan kulit, body butter akan membentuk lapisan di atasnya yang berguna untuk menjaga kelembapan. 

2. Menghaluskan kulit

Tidak hanya berfungsi sebagai pelembap, body butter juga bisa membuat kulit lebih halus.

3. Melindungi kulit

Manfaat body butter selanjutnya adalah melindungi kulit. Lapisan yang terbentuk setelah  mengoleskan body butter ke kulit juga bakal melindungi permukaan kulit dari paparan radikal bebas, debu, hingga polusi udara.

Siapa yang Harus Menggunakan Body Butter?

Sebagian besar ahli dermatologi setuju bahwa body butter sangat bermanfaat untuk pemilik kulit kering dan sangat kering. Dr. Hartman kerap menggambarkan body butter sebagai body lotion versi lebih tebal dan tidak berair.

Bukan cuma untuk kondisi kulit kering, pemakaian body butter juga disarankan di musim atau cuaca dingin. Karena kulit mudang kering di suhu dingin.

Bahan Wajib di Body Butter

Bahan-bahan di body butter wajib menghidrasi. Dr. Hartman mencatat, seperti shea butter, cocoa butter, dan minyak seperti kelapa dan alpukat, serta vitamin E, merupakan kandungan yang melembutkan kulit dan melindungi penghalang kelembapan kulit.

Dr. Hartman juga menyebutkan hindari kandungan alkohol dan witch hazel di dalam body butter. Sebab keduanya bersifat mengeringkan kulit.

Waktu Terbaik Pemakaian Body Butter 

Karena sangat sedikit atau tidak ada air dalam body butter, dokter kulit bersertifikat yang berbasis di New York City, Julie E. Russak, mengatakan waktu terbaik untuk menggunakannya adalah saat Anda baru saja keluar dari kamar mandi.

Usai mandi, pori-pori kulit masih dalam kondisi terbuka. Maka, body butter dapat terserap oleh kulit dan dapat menjaga kelembapan kulit dengan efektif.

Masukkan pula pemakaian body butter ke dalam rutinitas skincare malam Anda. Sebab menjelang tidur merupakan waktu bagi sel-sel kulit regenerasi.

Cara Menggunakan Body Butter 

Caranya, tepuk-tepuk kulit hingga kering, dan selagi kulit masih lembap, oleskan body butter ke seluruh area yang kasar dan kering, termasuk kaki, tangan, pergelangan kaki, dan siku

"Ini mengunci kelembapan usai mandi dan membantu memperbaiki penghalang," jelasnya.

Body butter juga bisa dioleskan di area kulit yang terdapat bekas luka atau stretch mark. Sebab, body butter juga berkhasiat menyamarkan kedua masalah kulit tersebut serta mendukung tumbuhnya sel-sel kulit baru.

Baca juga: 4 Manfaat Petroleum Jelly untuk Kulit serta Cara Penggunaannya

ALLURE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."