Liburan Tahun Baru, Jangan Lupa Tetap Melakukan Aktivitas Fisik

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi seorang wanita olahraga di rumah. Unsplash.com/Jonathan Borba

Ilustrasi seorang wanita olahraga di rumah. Unsplash.com/Jonathan Borba

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Masih dalam momen liburan tahun baru, salah satu hal penting yang jangan dilupakan yakni berolahraga atau minimal melakukan aktivitas fisik. Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Pondok Indah Spesialis Penyakit Dalam Dokter Dias Septalia Ismaniar mengingatkan orang-orang tak melupakan aktivitas fisik selama liburan demi menjaga kebugaran tubuh.

Dokter Dias mengatakan apabila lokasi pilihan liburan merupakan daerah pegunungan, maka hiking atau trekking dapat menjadi pilihan. Sementara bila daerah pantai, maka orang-orang dapat memilih jogging atau berenang, sehingga tetap bisa melakukan aktivitas fisik.

"Pilih tempat yang aman untuk turis dan tersedia fasilitas kesehatan. Usahakan di tempat tersebut Anda dapat melakukan aktivitas fisik misal di pusat kota, mungkin Anda akan banyak jalan kaki keliling kota misalnya untuk berburu "hidden gems" atau "hidden spots" dan lain-lain," kata Dias.

Dias menuturkan, pemilihan lokasi berlibur dapat disesuaikan dengan kepribadian seseorang misalnya lebih senang tempat tenang seperti pantai atau pegunungan. Namun, apabila senang dengan keramaian maka dapat dipilih destinasi di pusat kota tertentu seperti melakukan city tour.

Sementara itu, pakar kedokteran olahraga Elizabeth Quinn, MS seperti disiarkan Verywellfit mengakui orang akan mengalami gangguan dalam melakukan latihan karena berbagai alasan termasuk liburan.

Jika tujuan seseorang adalah mempertahankan tingkat kebugaran selama beberapa minggu latihan yang dikurangi, maka hanya perlu melakukan olahraga sedang selama 30 menit setiap hari.

Dia menyarankan orang-orang mencoba untuk merencanakan cara unik untuk memasukkan aktivitas dan jangan terlalu keras pada diri sendiri jika beraktivitas fisik lebih sedikit di luar musim liburan. Liburan, sambung dia, membutuhkan fleksibilitas dan keseimbangan.

Baca: Belum Ada Ide Liburan Tahun Baru 2023, Yuk, Pilih 5 Kota di Indonesia Berikut Ini

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."