15 Manfaat Ciuman untuk Hubungan dan Kesehatan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan (pixabay.com)

Ilustrasi pasangan (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ciuman salah satu cara menunjukkan perasaan sayang kepada pasangan. Tak hanya sebagai penutup agenda kencan manis, ciuman juga menjadi awal hubungan intim yang panas. Bukan cuma berdampak pada keromantisan hubungan, ciuman juga bisa memengaruhi kesehatan tubuh. Apa saja itu? Berikut sederet manfaat ciuman untuk kesehatan kamu dan pasangan beserta pasangan.

15 manfaat ciuman yang wajib kamu tahu.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sebuah studi di Medical Hypotheses mengatakan ciuman dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh wanita dari Cytomegalovirus.

Apa itu? Cytomegalovirus tertular melalui kontak mulut ke mulut, dan dapat menyebabkan kebutaan bayi dan cacat bawaan lainnya jika ibu adalah pembawa selama kehamilan. Jika tidak, virus tersebut relatif tidak berbahaya pada orang dewasa.

2. Membantu Memilih Pasangan yang Cocok

Antropolog Helen Fisher menggambarkan ciuman sebagai mekanisme pemilihan pasangan dan penilaian pasangan.

Otak kita dikhususkan untuk memproses informasi sensorik, mengambil sensasi dari sekitar bibir, pipi, lidah, dan hidung. Dan dari 12 saraf kranial, lima mengambil data dari sekitar mulut, yang dibangun untuk menangkap perasaan yang paling sensitif — rasa, bau, sentuhan, dan suhu yang paling rumit.

Saat kamu mencium seseorang, kamu benar-benar dapat mendengarnya, melihatnya, dan merasakannya dalam lingkungan yang begitu dekat dan intim.

Berciuman bukan sekedar berciuman. Itu adalah pernyataan mendalam tentang siapa kamu, apa yang kamu inginkan, dan apa yang dapat kamu berikan. Ini adalah alasan kritis mengapa berciuman dapat menunjukkan bagaimana kamu dalam hubungan. Itu bisa mendekatkan kamu dan pasangan, terutama jika kamu memiliki hubungan ciuman yang kuat.

Peneliti lain mencatat bahwa berciuman adalah cara biologi untuk menentukan dengan siapa kamu secara genetik paling cocok.

"Pada saat ciuman, ada mekanisme terprogram yang menilai kesehatan, status reproduksi, dan kecocokan genetik," kata Gordon G. Gallup Jr., profesor psikologi evolusioner di State University of New York di Albany. 

"Oleh karena itu, apa yang terjadi selama ciuman pertama itu bisa menjadi penentu langkah selanjutnya," ungkapnya.

3. Membakar Kalori

Para peneliti mengklaim bahwa kamu dapat membakar 2 hingga 26 kalori per menit saat berciuman. Jika kamu berciuman selama satu jam dapat membakar kalori dari setengah genggam cokelat M&M atau setengah gelas anggur. 

4. Bantu Memperkuat Otot Wajah

Menurut ahli jantung di Amerika, Joseph S. Alpert, ciuman sederhana melatih dua otot di wajah kamu, tetapi ciuman untuk waktu yang lebih lama dapat melatih hingga 24 otot wajah dan 112 otot postural.

5. Bantu Lebih Rileks

Laporan ilmiah mengatakan bahwa berciuman meningkatkan kadar oksitosin, bahan kimia penenang alami tubuh. Berciuman juga meningkatkan endorfin, hormon tubuh yang membuat tubuh merasa nyaman, selain dopamin dan serotonin.

Hormon-hormon ini juga dicatat untuk membantu perasaan ikatan dan keterikatan dalam hubungan romantis.

6. Meningkatkan Hasrat Keintiman

Menurut psikolog, berciuman adalah salah satu cara terbaik untuk membangun hormon-hormom kebaikan tersebut dan meningkatkan hasrat kamu dengan pasangan.

Saat kamu berciuman, semua perubahan kimia di dalam otak kamu membantu mengaktifkan sistem penghargaan, membanjiri kamu dengan "hormon cinta", dan membuat pengalaman berhubungan intim menjadi perjalanan yang menggairahkan dan merangsang yang dimulai dengan ciuman.

7. Seperti Pil Bahagia

Menurut Dr. Fischer, ada banyak alasan untuk berciuman, termasuk keterikatan, yang melibatkan bahan kimia pengikat seperti oksitosin, dopamin, dan serotonin. Berciuman menciptakan perasaan yang sama di otak kamu sebanding dengan mengonsumsi obat-obatan seperti heroin dan kokain, yang membuat kamu merasa sangat baik.

8. Membantu Wanita Mencapai Orgasme

Sebuah studi tahun 2021 berfokus pada wanita, orgasme, dan kepuasan keseluruhan wanita dengan hubungan mereka, menawarkan wawasan lebih lanjut tentang bagaimana hubungan lebih dari sekadar basa-basi.

Para peneliti menyimpulkan bahwa frekuensi dan penilaian wanita terhadap jenis ciuman tertentu mencerminkan kepuasan wanita dalam hubungan mereka, baik di dalam maupun di luar kamar tidur. Berciuman di saat-saat intim menunjukkan kedekatan pasangan dan kesehatan hubungan mereka satu sama lain.

9. Dapat Membangun Hubungan dan Harga Diri

Berciuman memiliki kekuatan untuk membantu memperbaiki beban emosional atau kerusakan dari hubungan kamu yang membuat kamu merasa kurang dari diri kamu yang sebenarnya, menurut pekerja sosial Linda dan Charlie Bloom.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 juga mengklaim bahwa berciuman dapat membantu mengurangi rasa tidak aman atau insecure. Plus, peningkatan oksitosin dan dopamin membantu menurunkan kortisol, membantu menurunkan perasaan negatif kamu terhadap diri sendiri.

10. Dapat Mengurangi Kecemasan

Selain mengurangi stres, membuat lebih rileks, dan bikin lebih bersemangat, Drs. Esch dan Stefano menjelaskan bagaimana neurobiologi berperan dalam bagaimana berciuman juga dapat membantu menurunkan tingkat kecemasan. Oksitosin, dopamin, dan hormon alami lainnya yang diproduksi tubuh mengurangi kecemasan karena meningkatkan kesehatan, kemampuan untuk rileks, dan kenikmatan hidup secara keseluruhan.

11. Bantu Menurunkan Tekanan Darah

Jika kamu sedang mencari cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi, cobalah berciuman dengan pasangan! Menurut ahli ciuman, Andrea Demirjian, berciuman dapat meningkatkan detak jantung, melebarkan pembuluh darah.

Kirshenbaum menjelaskan dalam The Science of Kissing: What Our Lips Are Telling Us, bahwa ketika ciuman terjadi, kamu mengalami peningkatan aliran darah yang menyebabkan penurunan tekanan darah secara langsung.

12. Membantu Mengurangi Kram

Jika kamu merasa tidak nyaman berhubungan intim saat menstruasi, tetapi suka berciuman, kamu harus lebih sering mencium pasangan saat alami kram. Berciuman dapat membantu meredakan nyeri kram menstruasi karena pembuluh darah melebar, dan peningkatan aliran darah dapat membantu meredakan nyeri.

Selain itu, hormon oksitosin yang dihasilkan secara alami meningkatkan ambang wanita untuk mentoleransi rasa sakit haid.

13. Meningkatkan Kadar Serum dalam Kolesterol

Menurut sebuah penelitian dari tahun 2009, pasangan yang meningkatkan jumlah ciuman mereka mengalami peningkatan total serum dalam kolesterol. Jadi, berciuman bisa menurunkan risiko beberapa penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung dan stroke.

14. Meredakan Gejala Alergi

Berciuman terbukti memberikan kelegaan yang signifikan dari reaksi alergi seperti gatal-gatal dan reaksi lain yang terkait dengan serbuk sari dan tungau debu rumah tangga.

15. Bantu Jaga Kesehatan Mulut

Mungkin mengejutkan, berciuman menyebabkan kamu memproduksi lebih banyak air liur, yang membantu membersihkan mulut kamu.

Baca juga: Ciuman dari 6 Zodiak Ini Bikin Meleleh, Ada Satu yang Paling Jos

YOUR TANGO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."