Mengenang Aminah Cendrakasih, Cornelia Agatha: Sarah Sayang Ibu, Rest in Love

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Aminah Cendrakasih beberapa tahun belakangan hanya terbaring di tempat tidur. Ia menderita glaukoma yang mengganggu penglihatannya. Instagram/si.rano

Aminah Cendrakasih beberapa tahun belakangan hanya terbaring di tempat tidur. Ia menderita glaukoma yang mengganggu penglihatannya. Instagram/si.rano

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaAminah Cendrakasih, pemeran Mak Nyak dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan dan film Si Doel meninggal pada Rabu pukul 20.00, 21 Desember 2022 dalam usia 84 tahun. Kabar ini disampaikan Rano Karno, pemeran Si Doel di halaman Instagramnya, malam ini. 

"Innalillahi wainna ilaihi rojiun, telah wafat Mak Nyak (Aminah Cendrakasih). Semoga almarhumah diterima seluruh amal ibadahnya dan diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT, Aamiiin YRA," tulis Rano Karno, yang juga menjadi sutradara sekaligus produser sinetron Si Doel. Unggahan serupa juga terdapat di halaman Instagram Si Doel Anak Sekolahan. 

Rano Karno dan Cornelia Agatha Turut Berdukacita

Kurang dari setengah jam lalu, Rano juga membuat video mengabarkan berita duka ini. Ia terlihat agak kesulitan mengabarkan kepergian Mak Nyak yang sudah dianggapnya sebagai ibu kandungnya sendiri itu. Beberapa kali, ia berhenti untuk mengontrol suaranya dan sesak di dada. Ia berbicara mewakili keluarganya. 

"Telah meninggal ibunda tercinta, Ibu Aminah Cendrakasih. Kita berdoa mudah-mudahan Allah memberikan kelapangan bagi almarhumah dan diterima di sisi-Nya. Abang mohon maaf apabila semasa hidup beliau, beliau punya salah, mari kita maafkan dan mudah-mudahan kepergian beliau bisa memberikan ketenangan lahir batin," ujarnya. 

Cornelia Agatha yang berperan sebagai Sarah, kekasih dan akhirnya istri Si Doel juga mengungkapkan kesedihannya. Di Instagram Storynya, Cornelia mengunggah foto tengah menengok Aminah. "Sarah sayang Ibu. Rest in Love," tulisnya. Sebelumnya, foto di unggahan Rano Karno juga diunggahnya. Di bawahnya, ia menuliskan kalimat, "Selamat jalan Mak Nyak...Cintaku selalu untukmu." 

Perjalanan Karier Aminah Cendrakasih

Aminah Cendrakasih lahir di Magelang, 29 Januari 1938. Ia merupakan putri aktris senior, Wolly Sutinah atau Mak Wok. Mak Nyak memulai debut di seni peran sejak 1955 di pentas sandiwara. Ia pernah bermain di film Asrama Dara pada 1958 dan Gadis Tiga Djaman. Wikipedia

Aminah Cendrakasih lahir di Magelang, 29 Januari 1938. Ia merupakan putri aktris senior, Wolly Sutinah atau Mak Wok. Mak Nyak memulai debut di seni peran sejak 1955 di pentas sandiwara. Ia pernah bermain di film Asrama Dara pada 1958 dan Gadis Tiga Djaman. Putri pasangan pelawak Husni Nagib dan aktris Wolly Sutinah ini sudah akrab dengan dunia hiburan sejak remaja. 

Pada 1955, Aminah sudah terjun di panggung sandiwara hingga membintangi film Oh, Ibuku produksi Garuda Film dan Semeru Film. Kariernya terus berlanjut sejak 1955 hingga 1989. Tercatat Aminah sudah membintangi sekitar 101 film, baik sebagai pemeran pembantu maupun pemeran utama. 

Salah satu film yang lekat dengan nama Aminah Cendrakasih adalah Asrama Dara, produksi tahun 1958. Dia memerankan sosok Tari, seorang mahasiswa yang jatuh cinta kepada lelaki yang jauh lebih tua darinya. Berkat pengabdiannya yang begitu lama di dunia film, pada 1992 Aminah Cendrakasih mendapat Penghargaan Kesetiaan Profesi Keartisan dari Dewan Film Nasional.

Kisah Cinta Si Doel Premiere Belanda dan Indonesia Puncak ketenaran Aminah Cendrakasih salah satunya usai sukses membintangi serial televisi bertajuk Si Doel Anak Sekolahan. Dia berperan sebagai Lela, ibu dari pemeran utama yakni Doel yang dibintangi Rano Karno. Akrab disapa Mak Nyak, Aminah masih dipercaya memerankan peran yang sama dalam film layar lebar Si Doel The Movie hingga Akhir Kisah Si Doel. Aktris berjuta karya ini menderita penyakit kelumpuhan dan glukoma di masa tuanya. Akhirnya, pada 21 Desember 2022, Aminah 'Mak Nyak' Cendrakasih meninggal dunia.

Baca: Gaya Cornelia Agatha Dilantik jadi Ketua Komnas Perlindungan Anak DKI Jakarta

MARVELA | BISNIS

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."