Simak Tips Memilih Sneakers yang Tepat, Demi Menjaga Kesehatan Kaki

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi sneakers (pixabay.com)

Ilustrasi sneakers (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jangan asal saat membeli alas kaki, termasuk sneakers. Sebab alas kaki dapat memengaruhi bagian tubuh kamu yang lebih tinggi, terutama persendian seperti lutut dan pinggul. Mengingat semuanya terhubung dan membentuk rantai kinetik yang membuat gerakan terjadi. Lantas, apa saja tips memilih sneakers yang tepat? Berikut pemaparan ahli.

“Saya biasanya merekomendasikan sneakers dengan sol yang stabil dan suportif serta desain yang menopang kaki,” kata Jensen Henry, ahli bedah kaki dan pergelangan kaki ortopedi di Rumah Sakit Bedah Khusus di New York, Amerika Serikat.

"Idealnya, ini mempertahankan gerakan pergelangan kaki dan meredam guncangan saat tumit Anda menyentuh tanah, yang merupakan faktor penting untuk meminimalkan kekuatan berlebih di lutut," lanjutnya.

Untuk memeriksanya, Dr. Henry merekomendasikan untuk melakukan tes berikut: "Jika Anda dapat mengambil sneakers di tangan Anda dan menggulungnya menjadi bola, sering kali terlalu fleksibel untuk pasien dengan masalah kaki / pergelangan kaki atau ekstremitas bawah," katanya.

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan saat memilih sneakers yang tepat, Dr. Henry menyarankan membeli sneakers yang dirancang khusus untuk kaki pria atau wanita. “Beberapa merek alas kaki membuat sepatu khusus gender, yang memperhitungkan perbedaan lebar tumit atau kaki depan, dan mungkin ditoleransi lebih baik oleh beberapa orang,” katanya.

Dr. Henry juga mengingatkan untuk rutin mengganti sepatu lama yang sudah usang. “Pakar lari biasanya merekomendasikan mengganti sepatu setiap 300 hingga 500 mil, atau setiap enam bulan," ucapnya. Sebelum kamu mengganti sneakers usang, luangkan waktu sejenak untuk memeriksanya.

"Jika Anda memperhatikan bahwa sepatu Anda tidak rata, mungkin sudah waktunya untuk menemui seorang profesional — kami dapat mengidentifikasi apakah ada masalah penyelarasan atau gaya berjalan yang dapat diatasi," kata Dr. Henry.

Bahaya Memilih Alas Kaki yang Tidak Tepat

Setiap kali Anda mengambil langkah, banyak hal terjadi di tubuh Anda untuk mendorong Anda maju, kata Jensen Henry.

"Sepanjang langkah, otot pinggul Anda berkontraksi untuk menstabilkan pinggul Anda, paha depan dan paha belakang Anda bekerja pada waktu tertentu, dan otot di kaki bagian bawah Anda aktif dalam rangkaian peristiwa," jelas Dr. Henry.

Sementara itu, mobilitas lutut Anda bekerja untuk menstabilkan pusat gravitasi Anda, mengurangi pengeluaran energi Anda, dan meredam hentakan tumit Anda yang membentur tanah.

Berada di tengah rantai kinetik, lutut Anda dipengaruhi oleh kesehatan dan fungsi otot dan persendian yang hidup di atas dan di bawahnya. Pinggul atau paha belakang yang kencang, misalnya, dapat memengaruhi stabilitas lutut. Begitu juga sneakers yang Anda kenakan.

“Perubahan sederhana pada alas kaki, dan posisi kaki, dapat sepenuhnya mengubah pola gaya berjalan dan mengganggu performa dan keseimbangan Anda,” tegas Dr. Henry.

Jangan abai lagi dalam memilih alas kaki, termasuk sneakers, ya, Sahabat Cantika.

WELL+GOOD

Baca juga: Tren Sneakers 2022, Gaya K-Pop dan Nyaman Dipakai Sehari-hari

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."