Mengenal Manfaat Serotonin untuk Kesehatan Mental dan Tubuh serta Cara Meningkatkannya secara Alami

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita bahagia. shutterstock.com

Ilustrasi wanita bahagia. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kita kerap mendengar serotonin sebagai hormon baik. Sebenarnya apa saja manfaat serotonin untuk kesehatan mental dan tubuh? Yuk, kita telusuri bersama. Serotonin adalah hormon atau neurotransmitter yang berperan dalam menjaga kesehatan mental dan tubuh, termasuk memfasilitasi perasaan positif, menstabilkan suasana hati, dan meningkatkan kebahagiaan. Hormon alami ini juga membantu mengatur tidur, pencernaan, kepadatan tulang, nafsu makan, dan bahkan memori.

Karena serotonin memiliki dampak yang sangat besar pada tubuh dan kesehatan secara keseluruhan, tidak mengherankan jika banyak orang mencari strategi untuk meningkatkan serotonin secara alami

Cara Serotonin Bekerja di dalam Tubuh

Serotonin diproduksi di otak oleh neuron dan berjalan ke berbagai tempat reseptor di seluruh tubuh untuk memengaruhi proses seperti tidur dan pencernaan. Ada perdebatan yang sedang berlangsung di komunitas medis tentang apakah serotonin rendah berkontribusi terhadap depresi atau tidak, tetapi penelitian eksperimental menunjukkan hubungan yang menjanjikan antara serotonin dan regulasi emosi, itulah sebabnya mungkin ada hubungannya dengan kebahagiaan atau perasaan baik.

Manfaat Serotonin untuk Kesehatan Tubuh

Selain untuk menjaga suasana hati atau mood, serotonin berperan penting dalam kesehatan tubuh secara keseluruhan. “Serotonin berperan dalam mengatur suasana hati, tidur, dan pencernaan kita, sehingga menjaga tingkat neurotransmitter yang sehat dapat membantu kita merasa lebih baik secara emosional dan fisik,” jelas David Seitz, direktur medis di Ascendant Detox, pusat perawatan kecanduan rawat jalan.

"Selain itu, serotonin telah dikaitkan dengan peningkatan fungsi kognitif seperti pembelajaran, memori, dan konsentrasi." Namun, dampak serotonin tidak berakhir di situ. Bahkan berkontribusi untuk menyembuhkan luka, mengendalikan mual, dan buang air besar yang sehat.

Tanda-tanda Serotonin Rendah

Serotonin rendah dapat secara signifikan mengganggu fungsi sehari-hari, dan tanda-tanda serotonin dapat bermanifestasi dengan cara yang mengejutkan.

"Tingkat serotonin yang rendah dapat memiliki berbagai konsekuensi, termasuk depresi, kecemasan, gangguan tidur, perubahan nafsu makan, dan lekas marah," kata Dr. Seitz.

Meskipun tidak ada satu alasan mengapa kadar serotonin bisa turun, sejumlah faktor dapat berkontribusi, termasuk pola makan yang kurang, kurang olahraga, predisposisi genetik, efek samping pengobatan, atau peristiwa stres, tambahnya. “Selain itu, beberapa kondisi medis seperti tiroid yang kurang aktif juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan serotonin.”

Cara Meningkatkan Serotonin

1. Rutin Berolahraga 

Berolahraga adalah salah satu cara terbaik dan paling efektif untuk meningkatkan serotonin dalam tubuh, kata Dr. Seitz, karena diyakini bahwa aktivitas fisik memicu pelepasan serotonin yang dapat meningkatkan suasana hati.

Studi menunjukkan bahwa serotonin yang dilepaskan oleh aktivitas fisik sebenarnya juga dapat mengontrol kelelahan, jadi kombinasi antara berolahraga dan pelepasan serotonin yang mengikutinya dapat menghilangkan rasa lelah, membantu kamu merasa lebih baik dan lebih energik secara keseluruhan.

2. Makan Makanan Kaya Triptofan

Ada alasan mengapa orang mengatakan makan kalkun membuat kamu mengantuk. Karena kalkun adalah salah satu dari beberapa makanan tinggi triptofan, asam amino alami yang ditemukan di beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan kadar serotonin dengan mensintesis, atau menciptakan, neurotransmitter.

Makanan lain yang tinggi triptofan termasuk gandum, pisang, kacang-kacangan, telur, salmon, dan tahu, jelas Dr. Seitz

3. Diet Sehat dan Seimbang

Karena mengonsumsi lebih banyak triptofan saja tidak cukup, Dr. Seitz mengatakan makan makanan seimbang juga cara meningkatkan serotonin secara alami. “Makan banyak buah dan sayuran segar serta protein tanpa lemak dapat memastikan tubuh Anda mendapatkan nutrisi penting yang dibutuhkannya,” katanya.

4. Tidur Cukup

Bukan rahasia lagi bahwa kurang tidur dapat berdampak buruk pada kesehatan secara keseluruhan, memengaruhi segalanya termasuk kesehatan jantung, kesehatan mental, ingatan, dan bahkan metabolisme. Kurang tidur juga dapat menguras kadar serotonin.

“Kurang tidur dapat menyebabkan kadar serotonin rendah [dan sebaliknya], jadi penting untuk istirahat yang cukup,” saran Dr. Seitz. Meskipun kebutuhan tidur berbeda untuk setiap individu, rekomendasi tidur umum untuk orang dewasa adalah tidur selama 7 hingga 9 jam setiap malam.

5. Pertahankan Kehidupan Sosial yang Aktif

Tahukah kamu, berbagi waktu berkualitas dengan orang tersayang termasuk cara meningkatkan serotonin secara alami. “Terlibat dalam percakapan, aktivitas, atau hobi yang bermakna dengan orang-orang terdekat dapat memberikan tujuan dan kebahagiaan yang akan meningkatkan suasana hati kita,” jelas Dr. Seitz. Interaksi yang sehat ini memiliki kekuatan untuk mendorong otak kamu melepaskan sejumlah hormon perasaan senang, termasuk serotonin.

REAL SIMPLE

Baca juga: Memahami Filosofi Ikigai, Salah Satu Cara Bahagia Menjalani Hidup

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."