6 Tanda Hubungan Asmara Gagal, Tidak Menghormati atau Melecehkan Kamu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan bertengkar. shutterstock.com

Ilustrasi pasangan bertengkar. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kamu dan pasangan tentunya berharap hubungan asmara berjalan lancar. Namun pada kenyataannya, hubungan tak selalu berjalan lancar karena beberapa faktor. Cermatilah tanda hubungan asmara gagal agar tidak terjebak dalam hubungan tidak sehat yang merugikan kalian berdua. Selain terlalu sering bertengkar dan hilangnya kepercayaan satu sama lain, ada sederet tanda hubungan asmara gagal yang perlu diketahui menurut konselor pasangan.

Berikut Enam Tanda Hubungan Asmara Gagal

1. Meremehkan Kamu

“Salah satu tanda langsung hubungan asmara gagal adalah jika pasangan meremehkan dan memperlakukan kamu secara tidak hormat, di ruang pribadi atau publik,” kata Barbara Bloomfield, konselor dan penulis Couple Therapy: Dramas of Love and Sex.

2. Pelecehan Emosional

“Tanda lain dari pelecehan emosional bisa menjadi pasangan yang sangat menawan dan baik di depan umum, tetapi berubah sepenuhnya saat di ruang pribadi," jelas Bloomfield.

Salah satu tanda pertama kekerasan dalam rumah tangga adalah seseorang tidak ingin pasangannya melihat teman dan keluarga atau bekerja di luar rumah. Perilaku seperti ini cenderung muncul secara bertahap dan merupakan tanda dari pasangan yang suka mengontrol.

3. Tidak Merasa Cocok

Ada tanda hubungan asmara gagal lainnya, seperti tidak mampu memikirkan hal-hal untuk dibicarakan, atau tidak menginginkan banyak kontak fisik.

"Tetapi jika tidak ada yang ingin dikatakan satu sama lain, ya, itu terasa seperti hubungan yang tidak cocok," tutur Bloomfield.

Akan tetapi, tidak merasa cocok belum tentu menandakan hubungan kamu sedang sekarat dan menuju kesulitan. Terkadang orang hanya membutuhkan bantuan untuk mempelajari cara berkomunikasi dengan benar. Atau masa kecil memengaruhinya dalam berkomunikasi dan menyentuh.

4. Tidak Ada Komunikasi

Jika kamu dan pasangan sudah jarang berkomunikasi bisa jadi indikasi hubungan asmara gagal. Sebab komunikasi merupakan fondasi utama dalam hubungan apa pun, termasuk hubungan asmara. Lewat komunikasi, kamu dan pasangan bisa saling mengetahui dan memahami pandangan satu sama lain.

5. Sering Bertengkar

Jika kamu sering bertengkar dengan pasangan, itu berarti salah satu dari kalian memiliki masalah yang lebih dalam yang perlu diselesaikan. "Jika kamu mendapati diri berargumen yang sama sepanjang waktu, itu adalah tanda bahwa kamu perlu mendapat bantuan profesional," saran Bloomfield.

Jika kamu kerap mengalami pola argumen yang sama, bisa jadi secara tidak sadar, kamu memilih pasangan yang kurang cocok dan tidak memiliki hubungan yang sehat.

6. Tidak Mau Merencanakan Masa Depan Bersama

Ketika pasangan tak mau lagi membicarakan rencana masa depan atau sama sekali tak bereaksi saat kamu berbagi rencana untuk kalian berdua, jangan abaikan sinyal tersebut. Itu termasuk tanda hubungan asmara gagal karena keberlangsungan suatu hubungan

Yang Harus Dilakukan Jika Ada Indikasi Hubungan Asmara yang Gagal

Untuk menyelesaikan masalah besar dalam suatu hubungan, ingatlah bahwa ada dua faktor paling penting, yakni komitmen bersama untuk mengatasi masalah, dan bersikap komunikatif secara terbuka serta serius.

Saat kamu bertengkar, kendalikan emosi agar bisa fokus mendekati masalah dengan pola pikir yang jernih.

Jika pikiran kamu mengembara ke pikiran tentang orang lain, cobalah untuk mengingat semua hal indah yang menyatukan kamu dan pasangan. Apa yang membuat kamu tertarik pada mereka? Apa kenangan favorit kalian berdua?

Akan tetapi, jika kamu dan pasangan tidak dapat mencapai tingkat saling menghormati, atau salah satu dari kamu terus bersikap kasar terhadap yang lain, sepertinya tidak ada jalan sama sekali menuju masa depan yang cerah. Kamu akan lebih baik memberi diri sendiri kesempatan berjuang untuk menemukan hubungan asmara yang sehat dan bahagia.

YOUR TANGO

Baca juga: 5 Tips Menjalin Hubungan Asmara, Jangan untuk Mencari Kesepian

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."