Perut Kembung setelah Olahraga, Kenali 7 Sebab dan Cara Mengatasinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Perut kembung membuat kita merasa tidak nyaman. Ada banyak cara untuk menghindari perut kembung, termasuk diet rendah FODMAP. (Canva)

Perut kembung membuat kita merasa tidak nyaman. Ada banyak cara untuk menghindari perut kembung, termasuk diet rendah FODMAP. (Canva)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pernahkah kamu alami perut kembung setelah olahraga? Pastinya terasa tidak menyenangkan. Ternyata kondisi tersebut adalah salah satu dari beberapa masalah pencernaan  yang mungkin kamu alami selama atau setelah berolahraga.

"Masalah pencernaan akibat olahraga secara keseluruhan berkisar antara 20 hingga 96 persen," kata dokter Samantha Nazareth kepada Pop Sugar.

Dan, menurut penelitian, perut kembung setelah olahraga sangat umum terjadi pada wanita dan orang yang lebih muda. 

Menurut Dr. Nazareth, perut kembung setelah berolahraga cenderung terjadi karena saat kamu berolahraga, tubuh tidak dapat mencerna makanan seefisien saat kamu istirahat. Bisa juga berkaitan dengan apa yang kamu makan sebelumnya dan jarak waktu makan sebelum olahraga. Untuk lebih jelasnya, berikut sederet sebab perut kembung setelah olahraga

7 Sebab Perut Kembung setelah Olahraga

1. Tubuh Sedang Mencerna Makanan

Saat kamu berolahraga, proses pencernaan melambat karena tubuh lebih fokus mengalihkan aliran darah ke otot, jelas Dr. Nazareth. Perut kembung setelah olahraga. Perut kembung setelah olahraga yang disertai mual atau muntah akibat makan terlalu banyak makan.

2. Menelan Udara saat Olahraga

Jika tak sengaja memasukkan udara ke dalam perut atau aerophagia, bisa menyebabkan perut kembung. Hal itu bisa terjadi jika kamu bernapas dengan berat melalui mulut, kata Dr. Nazareth.

Kamu juga mungkin mengalami hal tersebut jika berbicara sambil makan atau makan, dan minum terlalu cepat.

3. Konsumsi Minuman Berkarbonasi atau Bergula

Karbonasi dalam minuman olahraga bersoda dapat menyebabkan kembung dengan memasukkan gas ke dalam perut, begitu pula dengan pemanis buatan seperti sucralose atau gula alkohol, catat Dr. Nazareth.

4. Alami Dehidrasi atau Sembelit

Dehidrasi dan kehilangan cairan sering terjadi selama olahraga dan merupakan penyebab utama gejala gangguan pencernaan, menurut penelitian. Dan penelitian lain menemukan bahwa sembelit juga dapat menyebabkan perut kembung. Dengan kata lain, tidak minum cukup air sebelum atau selama berolahraga dapat menyebabkan sembelit dan kembung sesudahnya.

5. Minum Obat Penghilang Rasa Sakit

Obat penghilang rasa sakit yang kamu konsumsi untuk otot yang sakit mungkin berkontribusi pada gejala kembung. Contohnya ibuprofen, Motrin, Advil, atau Aleve dapat mengiritasi usus, kata Dr. Nazareth, dan Clinic Cleveland mencatat bahwa mereka dapat menyebabkan kembung, gas, sakit perut, dan masalah GI lainnya. Masalah ini biasanya muncul setelah dosis besar atau sering digunakan.

Baca juga: Kenali Penyebab Perut Kembung dan 5 Makanan untuk Mengatasinya

6. Tidak Terbiasa dengan Aktivitas yang Intens

Apakah kamu baru saja memulai rutin olahraga? Jika iya, menurut penelitian, latihan yang berat dapat mengganggu keseimbangan mikrobiota usus, sehingga menyebabkan kembung serta kram, mual, dan diare.

7. Faktor Lain

Perut kembung setelah olahraga juga dapat disebabkan oleh kondisi yang tidak terkait dengan olahraga, seperti pertumbuhan bakteri usus kecil (SIBO), gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus, atau gejala menstruasi, menurut Cleveland Clinic. Jika kamu sering alami perut kembung, termasuk setelah berolahraga, temui dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Cara Mengatasi Perut Kembung setelah Olahraga

Untuk membantu mengurangi perut kembung setelah olahraga, sebaiknya minum air putih secara perlahan dan pastikan untuk meregangkan serta mengatur pernapasan, kata Dr. Nazareth.

Beristirahatlah setelah latihan yang intens. Hal itu membantu mengirimkan sinyal ke tubuh kamu bahwa waktu stres telah berakhir, memungkinkannya untuk mulai menggerakkan aliran darah kembali ke area yang tidak diprioritaskan seperti sistem pencernaan.

Cara Mencegah Perut Kembung setelah Olahraga

1. Hindari Makan Besar sebelum Olahraga

Sistem pencernaan kamu tidak berjalan dengan efisiensi penuh saat berolahraga. Jadi, jangan membebani dengan makan besar. Nazareth merekomendasikan untuk menghindari makanan tinggi kalori, serat tinggi, dan tinggi lemak dalam dua hingga tiga jam latihan,

Ketiga jenis makanan tersebut membutuhkan waktu paling lama untuk dicerna. Sebagai gantinya, pilihlah sedikit karbohidrat sederhana seperti buah atau roti jika kamu membutuhkan camilan sebelum berolahraga.

2. Hidrasi

Kamu pasti ingin minum air sebelum dan selama berolahraga untuk menghindari dehidrasi, tetapi hati-hati hindari minuman olahraga yang berkarbonasi atau mengandung bahan buatan. Pastikan untuk menyesap secara perlahan-lahan.

3. Tingkatkan Latihan yang Intens

Olahraga yang sangat berat dapat membebani sistem pencernaan dan menyebabkan kembung, terutama jika kamu tidak terbiasa berolahraga dengan intensitas tersebut.

"Kamu perlu waktu agar tubuh kamu menyesuaikan diri," Dr. Nazareth menjelaskan. Berfokuslah untuk membangun kekuatan dan daya tahan dari waktu ke waktu untuk menghindari gejala gangguan pencernaan yang tidak nyaman.

Jika Anda sudah mencoba tips pencegahan dan pengurangan di atas tetapi masih mengalami perut kembung setelah olahraga, temui dokter untuk mengetahui penyebab gejala Anda dan rencana untuk mengobatinya. Kamu juga harus menemui dokter jika mengalami nyeri, muntah, atau mulas selama atau setelah berolahraga.

POP SUGAR

Baca juga: Jahe hingga Goji Berry, Bahan Alami Obat Tradisional Perut Kembung

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."